Tim Satgas TPPO Polres Manggarai Gagalkan Perdagangan Orang

Tim Satgas TPPO Polres Manggarai Gagalkan Perdagangan Orang

TRIBRATANEWSMANGGARAI.COM- Rabu tanggal 14 Juni 2023 pukul  17.30 wita, Satuan Intelkam Polres Manggarai telah mengamankan perekrut tenaga kerja PT. Solusi Daya Indonesia dan calon tenaga kerja asal Kabupaten Manggarai di Hotel Sky Flores, Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. 

Perekrut berinisial ( Manager Area Kalimantan Timur PT. Solusi Daya Indonesia), Laki - laki, 43 tahun, Islam, Swasta, alamat Jl. Inpres III NO.32, RT 020/RW 000, Kel. Muara Rapak, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Utara. Dan korban berjumlah 7 orang.

Para calon tenaga kerja tersebut rencananya akan dipekerjakan di Balik Papan, Kalimantan Utara sebagai pekerja pembersihan lahan untuk penanaman pohon akasia milik PT. Djarum dengan upah sebesar Rp.550.000,- ( lima ratus lima puluh ribu rupiah ) sampai dengan Rp.700.000,- ( tujuh ratus ribu rupiah ).

Dari hasil introgasi proses perekrutan dari perekrut kepada calon tenaga kerja untuk menjadi tenaga kerja AKAD (antar kerja antar daerah) terjadi di Wilayah hukum Polres Manggarai Timur yakni di Kampung Lete, Desa Golo Rengket, Kec. Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, dirumah saudara FABIANUS dimana calon tenaga kerja memperoleh informasi dari saudara FABIANUS melalui via telefon kepada saudara TALIS yang berdomisili di Kampung Welu, Desa Welu, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, kemudian saudara TALIS menginformasikan kepada para warga bahwa bagi yang ingin bekerja di Kalimantan silahkan mendatangi Kampung Lete, Desa Golo Rengket, Kec. Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, sebab disana ada pencari tenaga kerja yang sedang merekrut calon tenaga kerja atas dasar informasi itu sehingga pada tanggal 12 Juni 2023 para calon tenaga kerja mendatangi Kampung Lete, Desa Golo Rengket, Kec. Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur untuk menemui perekrut.

Pada tanggal 12 dan 13 Juni 2023 para perekrut yang diutus dari perusahaan PT Solusi Daya Indonesia (SDI) melakukan perekrutan terhadap ke Tujuh orang calon tenaga kerja yang berasal dari Kampung Welu, Desa Welu, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai.

Berdasarkan hasil introgasi tersebut dengan mempertimbangkan beberapa hal maka kasus ini diserahkan kepada Polres Manggarai untuk ditangani lebih lanjut.