Patroli Perintis Presisi Satuan Samapta Polres Manggarai Wujudkan Situasi Kamtibmas Kondusif

Patroli Perintis Presisi Satuan Samapta Polres Manggarai Wujudkan Situasi Kamtibmas Kondusif
Patroli Perintis Presisi Satuan Samapta Polres Manggarai Wujudkan Situasi Kamtibmas Kondusif

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai – Dalam upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, pada hari ini, Selasa, 23 Juli 2024, pukul 19.30 WITA, Anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat Patroli Perintis Presisi. Patroli ini dilakukan secara dialogis dengan memberikan himbauan kamtibmas pada malam hari di dalam kota Ruteng.

Patroli ini menyasar tempat-tempat yang menjadi atensi pimpinan, seperti daerah rawan pencurian, pemukiman warga di Kelurahan Lawir, Leda, Pau, Tenda, Satar Tacik, Kelurahan Mbaumuku, pengemudi kendaraan bermotor, serta masyarakat yang masih beraktivitas malam.

Anggota patroli melakukan komunikasi dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas malam guna mencari informasi terkait gangguan keamanan sambil menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Mereka memberikan himbauan kepada pengguna sepeda motor agar tidak ugal-ugalan mengendarai kendaraannya serta menghimbau agar segera mengganti knalpot brong/racing bagi pemilik kendaraan yang tidak menggunakan knalpot standar agar tidak mengganggu masyarakat pada malam hari. Selain itu, mereka menghimbau pemuda yang nongkrong di depan kios warga agar tidak mengkonsumsi miras berlebihan dan tidak minum di tempat umum, serta tidak keluyuran sampai larut malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan demi terciptanya situasi yang tetap kondusif.

Patroli ini diharapkan dapat mewujudkan kamtibmas yang kondusif di Kota Ruteng, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat di malam hari, serta meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat. Patroli ini juga bertujuan untuk mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, dan rasa aman serta tentram pada masyarakat, menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat, serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dilaksanakan dengan menggunakan satu unit Randis R4 Dimex dengan kekuatan personil delapan orang yang dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas Aipda Kadek Suarsana. Giat berjalan dengan lancar dan situasi terpantau aman terkendali.(MBA)