Brigpol Agustinus Yatarten, Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal Barat, Gencar Lakukan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana

Brigpol Agustinus Yatarten, Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal Barat, Gencar Lakukan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana

Tribratanewsmanggarai.com-

Desa Bangka Ara, 29 September 2023 - Hari ini, Jumad 29 September 2023, sekitar pukul 09.00 WITA, Brigpol Agustinus Yatarten, seorang Bhabinkamtibmas yang bertugas di Kecamatan Cibal Barat, kembali aktif melakukan kegiatan pencegahan tindak pidana yang meresahkan masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Satuan Binmas Polres Manggarai dalam memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat.

Dalam giat kerja bakti yang dilaksanakan di Kampung Munta, Desa Bangka Ara, Brigpol Agustinus Yatarten menyampaikan sejumlah sosialisasi yang sangat relevan dengan keamanan dan kesejahteraan masyarakat. Berikut adalah poin-poin utama dari kegiatan tersebut:

1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas bersama masyarakat di Kampung Munta memberikan sosialisasi tentang bahaya tindak pidana perdagangan orang. Dalam kesempatan tersebut, masyarakat dihimbau untuk segera melaporkan kepada petugas Bhabinkamtibmas, Kantor Desa, atau kantor polisi terdekat jika mengetahui adanya rekrutmen oleh jasa tenaga kerja ilegal yang mengirim warga ke luar daerah atau negara.

2. Pencegahan Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Petugas Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Mereka diimbau untuk mengikat atau mengkandangkan hewan peliharaan mereka karena telah terjadi banyak kasus gigitan oleh hewan penular rabies di Kabupaten Manggarai. Vaksin untuk mengatasi rabies sangat terbatas, oleh karena itu, pencegahan menjadi kunci utama.

3. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Kecamatan Cibal Barat saat ini masih berada dalam musim kemarau, di mana hujan belum merata terjadi. Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar, karena hal ini dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang merugikan banyak pihak.

4. Pencegahan Kenakalan Remaja: Petugas Bhabinkamtibmas juga memberikan sosialisasi tentang pencegahan kenakalan remaja. Masyarakat diminta untuk menjaga anak-anak mereka agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, balap liar, penyalahgunaan narkoba, dan perilaku negatif lainnya yang dapat merusak masa depan generasi muda.

Dengan adanya kegiatan ini, Brigpol Agustinus Yatarten berharap dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat di wilayahnya tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban serta mencegah tindak pidana yang merugikan. Upaya seperti ini sangat penting dalam membangun kehidupan masyarakat yang aman, damai, dan sejahtera.(MBA)