Bhabinkamtibmas Sambangi Warga Binaan untuk Cegah TPPO dan Himbau Pencegahan HPR di Desa Bere, Kecamatan Cibal Barat

Bhabinkamtibmas Sambangi Warga Binaan untuk Cegah TPPO dan Himbau Pencegahan HPR di Desa Bere, Kecamatan Cibal Barat

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 10 November 2023 - Brigadir Polisi (Brigpol) Bonaventura Laba, Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal Barat, Resor Manggarai, aktif melaksanakan kegiatan sambang warga binaan guna mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan memberikan himbauan terkait bahaya gigitan Hewan Penyebar Rabies (HPR). Kegiatan ini dilakukan pada Jumat, 10 November 2023.

Dalam giat sambang tersebut, Brigpol Bonaventura Laba menyambangi warga di kampung Cipi, Desa Bere. Beliau memberikan pesan-pesan Kamtibmas dan menghimbau agar warga selalu menjaga situasi Kamtibmas di sekitar tempat tinggal mereka. Jika terjadi kejadian tindak pidana, Brigpol Bonaventura Laba juga mengingatkan agar segera melaporkannya kepada petugas Bhabinkamtibmas.

Selain itu, Bhabinkamtibmas meneruskan perintah dari Kapolres Manggarai terkait TPPO dan HPR dengan memberikan himbauan sebagai berikut:

A. Himbauan Terkait TPPO:

  1. Tidak mudah percaya dengan bujuk rayu orang-orang yang menawarkan pekerjaan di luar kota atau luar negeri dengan iming-iming upah/gaji yang besar.
  2. Apabila ada oknum-oknum yang tidak dikenal datang ke rumah untuk merekrut tenaga kerja, segera menginformasikan kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas.
  3. Bersama-sama menjaga keluarga agar tidak menjadi korban TPPO.

B. Himbauan Bahaya Gigitan HPR:

  1. Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing tetap diikat atau dikandangkan.
  2. Jika terjadi gigitan anjing, segera ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksin.

Brigpol Bonaventura Laba berharap bahwa melalui kegiatan sambang ini, masyarakat dapat lebih waspada terhadap potensi kejahatan TPPO dan bahaya gigitan HPR. Kerjasama antara Bhabinkamtibmas dan warga diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan terhindar dari potensi kerawanan.(MBA)