Bhabinkamtibmas Aipda Kornelius Jemarus Sosialisasi Pencegahan TPPO, HPR, dan Kenakalan Remaja di Desa Bangka Ruang

Bhabinkamtibmas Aipda Kornelius Jemarus Sosialisasi Pencegahan TPPO, HPR, dan Kenakalan Remaja di Desa Bangka Ruang

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara – Pada hari Senin, 2 September 2024, pukul 09.11 WITA, Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan sambang sekaligus koordinasi rutin dengan perangkat Desa Bangka Ruang di Kantor Desa, Rongkam. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi, sosialisasi, serta himbauan terkait pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya Hewan Penular Rabies (HPR), dan kenakalan remaja.

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Kornelius bertemu dengan Sekretaris Desa (Sekdes) Bangka Ruang, Bapak Berto, beserta staf lainnya. Sekdes Berto menginformasikan bahwa hingga saat ini, belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO.

A. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan TPPO

Aipda Kornelius mengajak jajaran Pemerintah Desa Bangka Ruang untuk menghimbau masyarakat agar tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Ia menekankan pentingnya mengikuti jalur resmi melalui PJTKI jika ingin bekerja di luar negeri. Selain itu, masyarakat diharapkan segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika mengetahui ada upaya perekrutan yang mencurigakan guna mencegah terjadinya TPPO.

B. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Hewan Penular Rabies (HPR)

Dalam kesempatan yang sama, Aipda Kornelius juga mengingatkan warga untuk menjaga hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar dikandangkan atau diikat guna mencegah gigitan yang dapat menularkan rabies. Langkah ini penting untuk menghindari korban dari penyakit rabies yang berbahaya.

C. Himbauan Mengenai Kamtibmas dan Kenakalan Remaja

Aipda Kornelius menekankan pentingnya kerjasama antara perangkat desa dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Ia juga mengingatkan agar warga tidak melakukan tindakan main hakim sendiri, melainkan melaporkan setiap gangguan kamtibmas kepada petugas yang berwenang.

D. Persiapan Menjelang Pilkada 2024

Aipda Kornelius mengajak seluruh perangkat desa dan masyarakat untuk tetap berkoordinasi dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) selama memasuki tahapan Pilkada 2024.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pencegahan TPPO, HPR, serta menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.(MBA)