Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal, BRIPKA Albertus Rahmat, Sambangi Warga untuk Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal, BRIPKA Albertus Rahmat, Sambangi Warga untuk Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

Tribratanewsmanggarai.com-

Cibal, 13 November 2023 - Pada hari ini, Senin, 13/11/2023, Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal, BRIPKA Albertus Rahmat, melakukan kunjungan ke kampung Timbangan, Desa Ladur, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan terjadinya tindak pidana, di antaranya Perdagangan Orang (TPPO), Karhutla, dan Hewan Peliharaan liar (HPR).

Bhabinkamtibmas mengunjungi rumah Bapak FIDELIS ENGGI di kampung Timbang untuk memantau situasi Kamtibmas. Dari kunjungan tersebut, didapatkan informasi bahwa kondisi Kamtibmas terpantau kondusif, tanpa adanya persoalan yang dapat mengganggu ketertiban masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, Bhabinkamtibmas menyampaikan beberapa himbauan kepada warga setempat:

  1. Perdagangan Orang (TPPO): Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat untuk menjaga keluarga dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang melakukan perekrutan tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri. Apabila ada informasi terkait hal ini, diharapkan segera melaporkan kepada petugas Bhabinkamtibmas.
  2. Karhutla: Masyarakat diajak untuk menjaga hutan dengan tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan baru atau lahan yang sudah lama ditinggalkan. Hal ini sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan.
  3. Hewan Penyebar Rabies (HPR): Pemilik hewan peliharaan diminta untuk menjaga hewan tersebut dengan mengikat atau mengandangkan, serta tidak melepaskannya secara bebas. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus rabies.

Selama kegiatan berlangsung, situasi Kamtibmas terpantau aman dan kondusif. Warga menyambut baik kunjungan Bhabinkamtibmas dan mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kampung Timbang. Petugas berharap agar masyarakat tetap menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya tindak pidana.(MBA)