Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal Amankan Kegiatan Adat Penti Weki Peso Beo Gendang Weli

Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal Amankan Kegiatan Adat Penti Weki Peso Beo Gendang Weli

Tribratanewsmanggarai.com-

Cibal, 21 Oktober 2024 – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Aipda Ramly Yulius Ider Budiman, selaku Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal, melakukan pengamanan dalam kegiatan adat Penti Weki Peso Beo Gendang Weli yang berlangsung pada Senin, 21 Oktober 2024, pukul 09.00 WITA. Kegiatan adat ini diselenggarakan di Kampung Weli, Desa Beamese, Kecamatan Cibal.

Acara Penti Weki Peso Beo Gendang Weli merupakan tradisi penting bagi masyarakat setempat, termasuk penyelenggaraan tarian Caci, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Manggarai. Pada tahun ini, warga dari Kampung Rai, Kecamatan Ruteng, hadir sebagai tamu atau Meka Landang dalam acara tersebut.

Kegiatan ini digelar oleh pihak Gendang Weli dan bekerja sama dengan pemerintah Desa Bea Mese. Selain melakukan pengamanan, Aipda Ramly Yulius Ider Budiman juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga situasi tetap aman dan tertib selama acara berlangsung, demi memastikan kelancaran jalannya kegiatan adat.

Kehadiran Bhabinkamtibmas dalam kegiatan ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara masyarakat dan aparat keamanan dalam menjaga harmoni dan budaya lokal.(MBA)