Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Nao bersinergi lakukan Sambang dan Diskusi Bersama Pemerintah Desa

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Nao bersinergi lakukan  Sambang dan Diskusi Bersama Pemerintah Desa

Tribratanewsmanggarai.com-

Kamis, 04 Januari 2024

Satar Mese Utara - Aipda EMILIUS JOHAN, Bhabinkamtibmas Ds. Nao, bersama Babinsa Serda Ningrat, menjalankan tugasnya dengan melaksanakan kegiatan sambang dan diskusi yang positif dengan Kepala Desa Nao. Kegiatan ini digelar di kantor Desa Nao, Kecamatan Satar Mese Utara.

Hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Desa Nao, para Kepala Dusun, dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Nao. Diskusi yang berlangsung cukup hangat tersebut membahas beberapa hal penting yang menjadi fokus perhatian bersama.

Salah satu topik utama yang dibahas adalah antisipasi dan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca ekstrem, terutama hujan dan angin kencang. Dalam mengatasi tantangan ini, pihak keamanan desa bekerja sama dengan pemerintah setempat dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu.

Selain itu, giat tersebut juga menjadi ajang penggalangan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang pemilihan umum (pemilu). Upaya ini bertujuan menjaga situasi kondusif dan menciptakan pemilu yang aman, sejuk, dan damai. Petugas Bhabin dan Babinsa mengajak pemerintah desa, dari tingkat dusun hingga tingkat desa, untuk bersama-sama melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pemilu.

Tak hanya itu, upaya pencegahan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) juga menjadi perhatian serius dalam pertemuan tersebut. Petugas Bhabin dan Babinsa memberikan arahan kepada pemerintah desa untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat guna mencegah kasus TPPO di wilayah mereka.

Pada kesempatan tersebut, Aipda EMILIUS JOHAN menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dan pemerintah desa dalam menciptakan kondisi yang aman dan terkendali. Dia juga mengajak pemerintah desa untuk segera melaporkan atau memberikan informasi kepada petugas Bhabin apabila terjadi bencana alam atau gangguan kamtibmas di desa mereka.

Pertemuan yang berlangsung penuh kerjasama dan kebersamaan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara aparat keamanan, pemerintah desa, dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan bersama.(MBA)