Sat. Samapta Polres Manggarai gelar Patroli Perintis Presisi dan Himbauan Kamtibmas Malam Hari di Kota Ruteng

Sat. Samapta Polres Manggarai gelar Patroli Perintis Presisi dan Himbauan Kamtibmas Malam Hari di Kota Ruteng
Sat. Samapta Polres Manggarai gelar Patroli Perintis Presisi dan Himbauan Kamtibmas Malam Hari di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng – Dalam upaya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif, pada Selasa, 30 Juli 2024, pukul 19.30 WITA, Satuan Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi, Patroli Dialogis, dan Himbauan Kamtibmas malam hari di dalam kota Ruteng.

Patroli ini menargetkan berbagai lokasi yang menjadi perhatian pimpinan, seperti daerah-daerah rawan pencurian, pemukiman warga di Kelurahan Lawir, Leda, Pau, Tenda, Satar Tacik, Kelurahan Mbaumuku, serta tempat-tempat keramaian lainnya termasuk di depan Gereja Katedral Ruteng. Sasaran patroli juga mencakup pengemudi kendaraan bermotor dan masyarakat yang masih beraktivitas di malam hari.

Selama pelaksanaan patroli, personil berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat untuk mencari informasi terkait potensi gangguan keamanan sambil menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Beberapa himbauan yang diberikan termasuk:

  • Mengingatkan pengendara sepeda motor untuk tidak mengendarai kendaraannya secara ugal-ugalan dan segera mengganti knalpot brong/racing yang dapat mengganggu ketenangan malam.
  • Mengingatkan pemuda yang nongkrong di jalan untuk tidak mengonsumsi minuman keras secara berlebihan dan tidak minum di tempat umum.
  • Mendorong masyarakat agar tidak beraktivitas sampai larut malam untuk menghindari kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan.

Patroli ini bertujuan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dalam Kota Ruteng, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat di malam hari, serta memperkuat kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kriminalitas, memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat, serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat untuk memperoleh informasi dan partisipasi mereka.

Patroli dilaksanakan dengan menggunakan 1 unit kendaraan dinas R4 Dimex yang membawa 8 orang personil, dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas Aipda Kadek Suarsana. Seluruh kegiatan patroli berjalan dengan lancar dan situasi terpantau aman serta terkendali.(MBA)