Patroli Perintis Presisi Sat. Samapta Polres Manggarai Jaga Keamanan Malam di Kota Ruteng

Patroli Perintis Presisi Sat. Samapta Polres Manggarai Jaga Keamanan Malam di Kota Ruteng
Patroli Perintis Presisi Sat. Samapta Polres Manggarai Jaga Keamanan Malam di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai – Untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada malam hari di dalam kota Ruteng, Sat. Samapta Polres Manggarai melaksanakan Patroli Perintis Presisi pada Selasa, 9 Juli 2024, pukul 19.20 WITA. Patroli ini dilakukan menggunakan satu unit kendaraan dinas R4 Dimex dengan kekuatan personel sebanyak delapan orang yang dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas, Aipda Kadek Suarsana.

Sasaran patroli meliputi pemukiman warga di beberapa kelurahan, yaitu Kelurahan Lawir, Leda, Pau, Tenda, Satar Tacik, dan Mbaumuku, serta masyarakat yang masih beraktivitas malam hari di berbagai lokasi.

Petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas malam untuk mencari informasi terkait potensi gangguan keamanan sambil menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Mereka juga memberikan imbauan agar tidak mengonsumsi minuman keras di tempat umum dan menghindari keluyuran hingga larut malam demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk menjaga situasi tetap kondusif.

Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang dapat menimbulkan kriminalitas, mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, serta memberikan perlindungan, pengayoman, rasa aman, dan rasa tentram bagi masyarakat. Selain itu, patroli juga menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi dari masyarakat serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.(MBA)