Bhabinkamtibmas Desa Nao Adakan Diskusi Pencegahan TPPO dan Penggalangan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Desa Nao Adakan Diskusi Pencegahan TPPO dan Penggalangan Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-

Satar Mese Utara, 8 Juli 2024 - Aipda Emilius Johan, Bhabinkamtibmas Desa Nao, Kecamatan Satar Mese Utara, melaksanakan kegiatan sambang dan diskusi dengan Sekdes Desa Popo serta perangkat desa Popo di kantor desa Popo, Kecamatan Satar Mese Utara, pada hari Senin, 8 Juli 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggalang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta memberikan edukasi mengenai pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Emilius Johan memberikan himbauan dan edukasi kepada perangkat desa terkait pentingnya pencegahan TPPO. Ia mengajak seluruh perangkat desa untuk aktif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahaya dan dampak negatif TPPO. Aipda Emilius juga mengingatkan pentingnya memantau warga desa yang berencana mencari pekerjaan di luar negeri, serta menghindari tawaran pekerjaan dengan iming-iming gaji besar yang bisa mengarah pada TPPO.

Ia menekankan agar warga yang ingin bekerja di luar negeri mengikuti prosedur resmi yang telah diatur oleh pemerintah dan melaporkan kepada petugas Bhabinkamtibmas jika ada pihak atau orang yang mencari pekerja untuk dipekerjakan ke luar negeri secara ilegal.

Selain edukasi TPPO, Aipda Emilius Johan juga mengajak perangkat desa untuk turut serta dalam menjaga kamtibmas di Desa Popo. Ia meminta agar setiap ada kegiatan pesta atau keramaian di desa, masyarakat dapat melaporkan atau menginformasikan kepada petugas Bhabinkamtibmas. Aipda Emilius juga mengajak perangkat desa untuk bersama-sama menyelesaikan dan memediasi permasalahan yang ada di desa, serta menjaga dan memelihara kamtibmas yang kondusif.

"Kita harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tertib. Laporkan segera jika ada gangguan kamtibmas di desa, agar kita bisa menanganinya dengan cepat dan tepat," ujar Aipda Emilius Johan.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Emilius Johan juga melakukan pendataan terhadap permasalahan yang ada di Desa Popo. Data ini akan menjadi acuan dalam merumuskan langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, serta memperkuat sinergi antara aparat keamanan dan masyarakat dalam menjaga kamtibmas.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari perangkat desa Popo, yang siap bekerjasama dengan petugas Bhabinkamtibmas untuk menciptakan lingkungan desa yang aman, tertib, dan terbebas dari ancaman TPPO.(MBA)