Patroli Dialogis Samapta Polres Manggarai: Mempererat Kehadiran Polisi di Tengah Masyarakat

Patroli Dialogis Samapta Polres Manggarai: Mempererat Kehadiran Polisi di Tengah Masyarakat
Patroli Dialogis Samapta Polres Manggarai: Mempererat Kehadiran Polisi di Tengah Masyarakat

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 9 Februari 2024 - Pada hari Jumat, 9 Februari 2024, pukul 09.00 WITA, anggota Samapta Polres Manggarai melakukan kegiatan patroli dialogis yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara kepolisian dengan masyarakat setempat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan himbauan serta menertibkan dan mengatur lalu lintas di sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Sasaran patroli meliputi berbagai segmen masyarakat, mulai dari mereka yang berkumpul di depan toko/kios, jalanan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, hingga para penumpang di beberapa tempat, serta arus lalu lintas. Petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, tukang ojek, sopir angkot, pedagang, dengan tujuan agar mereka pindah ke tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda/pengelola Pasar. Selama interaksi tersebut, petugas juga memberikan himbauan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta keselamatan berlalu lintas (Kamseltibcarlantas), terutama dalam menghadapi Pesta Demokrasi dan Pilpres yang akan datang.

Patroli ini bertujuan meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah terjadinya kriminalitas dengan mencegah pertemuan faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya tindakan kriminal, serta memberikan perlindungan, pengayoman, rasa aman, dan rasa tentram pada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat guna mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilaksanakan dengan menggunakan R4 Dimax Samapta Kuat pers 6 orang yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta Aiptu Ferdinandus Ador. Selama kegiatan berlangsung, situasi di dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali, serta arus lalu lintas berjalan tertib dan lancar.

Dengan adanya kegiatan patroli seperti ini, diharapkan dapat terus terjalin kerjasama yang baik antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama.(MBA)