Satuan Samapta Polres Manggarai Tingkatkan Patroli Jelang Tahun Baru untuk Menjaga Situasi kamtibmas Kondusif.

Satuan Samapta Polres Manggarai Tingkatkan Patroli Jelang Tahun Baru untuk Menjaga Situasi kamtibmas Kondusif.

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 30 Desember 2023 - Sabtu ini, tanggal 30 Desember 2023, pukul 10.00 WITA, Anggota Satuan Samapta Polres Manggarai giat melakukan patroli dialogis dan sambang dalam kota untuk menyampaikan himbauan serta melakukan penertiban dan pengaturan lalu lintas di sepanjang Rumah Jabatan (Rumjab) dan Asrama Polres, serta kompleks Pasar Inpres Ruteng. Giat ini dilaksanakan dalam rangka menjaga situasi kondusif menjelang perayaan Tahun Baru.

Sasaran patroli meliputi masyarakat yang berkumpul di depan toko/kios, jalan-jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perampatan, dan para penumpang di beberapa tempat, serta arus lalu lintas secara umum.

Petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, tukang ojek, sopir angkot, pedagang, untuk mendorong agar pindah ke tempat yang telah disediakan oleh Pemda/pengelola pasar. Sambil memberikan himbauan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan keselamatan lalu lintas (Kamseltibcarlantas), patroli ini bertujuan mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas baik di area pasar maupun tempat lainnya, terutama menjelang perayaan Tahun Baru dan menghadapi Pesta Demokrasi dan Pilpres.

Patroli ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitasnya. Kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat mencegah faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas.

Dalam giat ini, polisi menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat, sekaligus membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat. Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilaksanakan dengan menggunakan R4 Dimax Samapta Kuat pers 6 orang yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta Aiptu Ferdinandus Ador.

Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali, serta arus lalu lintas berjalan tertib dan lancar. Satuan Samapta Polres Manggarai berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang perayaan Tahun Baru dan acara besar lainnya di wilayahnya.(MBA)