Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bersatu Lakukan Patroli Dialogis di Desa Rura

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bersatu Lakukan Patroli Dialogis di Desa Rura

Tribratanewsmanggarai.com-

Sabtu, 09 Maret 2024 - Dusun Lada, Desa Rura, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, NTT menjadi saksi dari kegiatan patroli dialogis yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kecamatan Reok Barat, Bripka Semris Bell, bersama Babinsa Desa Rura.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di tengah cuaca yang tidak menentu, Bripka Semris Bell dan Babinsa turun langsung ke lapangan untuk menyambangi rumah Bapak Ignasius Sambung. Melalui pertemuan tersebut, mereka menyampaikan beberapa pesan kamtibmas kepada masyarakat sekitar.

Pertama, Bripka Semris Bell menghimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing untuk selalu mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

Kedua, mereka juga menyoroti pentingnya peran aktif masyarakat dalam membantu pemerintah dalam menangani Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Dengan kesadaran dan partisipasi aktif dari masyarakat, diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya TPPO yang dapat membahayakan keluarga dan anak-anak.

Selanjutnya, Bripka Semris Bell juga menekankan pentingnya melaporkan segala bentuk tindak pidana kepada pihak berwajib, termasuk kepada petugas Bhabinkamtibmas. Dengan melaporkan tindak pidana yang terjadi, diharapkan dapat membantu pihak kepolisian dalam menindaklanjuti dan menangani kasus tersebut.

Terakhir, dalam suasana cuaca yang tidak menentu dengan curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati. Bripka Semris Bell mengingatkan agar warga selalu memperhatikan kondisi cuaca dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan bencana.

Kegiatan patroli dialogis ini merupakan salah satu bentuk upaya dari aparat keamanan dalam menjaga kamtibmas di wilayah Kecamatan Reok Barat. Diharapkan dengan adanya komunikasi dan interaksi langsung antara petugas keamanan dan masyarakat, dapat tercipta lingkungan yang lebih aman, tertib, dan nyaman untuk semua pihak.(MBA)