Pelaksanaan Ops Keselamatan Turangga 2024 di Wilayah Hukum Polres Manggarai

Pelaksanaan Ops Keselamatan Turangga 2024 di Wilayah Hukum Polres Manggarai
Pelaksanaan Ops Keselamatan Turangga 2024 di Wilayah Hukum Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng - Hari Sabtu, 09 Maret 2024, Polres Manggarai melaksanakan Operasi Keselamatan Turangga 2024 sesuai dengan Sprin Kapolres Manggarai Nomor: Sprin/125/II/1.3/2024, tanggal 28 Februari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas demi menjaga keselamatan bersama.

Dalam operasi ini, dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan Ops Keselamatan Turangga 2024 yang berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 hingga 17 Maret 2024. Sasaran operasi ini mencakup beberapa pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi di wilayah tersebut, antara lain:

  1. Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara.
  2. Pengemudi atau pengendara di bawah umur.
  3. Pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang.
  4. Pengemudi atau pengendara ranmor yang tidak menggunakan helm SNI dan safety belt.
  5. Pengendara yang dalam pengaruh atau mengonsumsi minuman keras.
  6. Pengemudi atau pengendara yang melawan arus.
  7. Pengendara yang melampaui batas kecepatan.

Selain memberikan sosialisasi, petugas juga memberikan himbauan tertib berlalu lintas dan melakukan pengaturan arus lalu lintas di titik-titik keramaian masyarakat.

Hasil pelaksanaan Ops Keselamatan Turangga 2024 pada Hari Ke-6 menunjukkan hasil yang memuaskan. Tidak ditemukan tilang yang diberikan kepada pelanggar, namun terdapat 11 teguran yang diberikan kepada pelanggar. Dari jumlah tersebut, 9 teguran diberikan kepada pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, dan 2 teguran diberikan kepada pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Kasat Lantas Manggarai, AKP Sandy Humisar Sibarani, S.H., menyatakan bahwa kegiatan berjalan aman, lancar, dan terkendali. Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat Manggarai dalam menjaga keselamatan berlalu lintas. Operasi Keselamatan Turangga 2024 di wilayah hukum Polres Manggarai berhasil dilaksanakan dengan baik berkat kerjasama antara pihak kepolisian dan masyarakat.(MBA)