Harkamtibmas : Patroli Dialogis Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng

Harkamtibmas : Patroli Dialogis Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng
Harkamtibmas : Patroli Dialogis Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Selasa 11 Juni 2024 - Pukul 09.00 WITA, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan sambang dalam kota untuk menyampaikan himbauan serta penertiban dan pengaturan lalu lintas di sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Patroli yang dipimpin oleh KKanit 1 Dalmas Samapta, Aipda Kadek Suarsana, menggunakan kendaraan R4 Dimax Samapta dengan kekuatan personel sebanyak 6 orang. Sasaran patroli kali ini adalah masyarakat yang berkumpul di depan toko/kios, di jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perempatan, dan para penumpang di beberapa tempat serta arus lalu lintas di sekitar kota.

Selama patroli, petugas berkomunikasi dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, seperti tukang ojek, sopir angkot, dan pedagang. Mereka dihimbau untuk pindah ke tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda atau pengelola pasar. Selain itu, petugas juga memberikan himbauan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas) serta keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kantibmas dan kemacetan arus lalu lintas, terutama dalam menghadapi pesta demokrasi dan Pilpres yang akan datang.

Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitasnya. Selain itu, patroli juga bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, serta memberikan rasa aman dan tenteram kepada masyarakat.

Petugas patroli juga berupaya menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Mereka juga melakukan pembatasan gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman dan terkendali. Arus lalu lintas di area Pasar Inpres Ruteng dan sekitarnya juga berjalan tertib dan lancar.(MBA)