Patroli Perintis Presisi Samapta Polres Manggarai, Wujudkan Situasi Kamtibmas Kondusif

Patroli Perintis Presisi Samapta Polres Manggarai, Wujudkan Situasi Kamtibmas Kondusif
Patroli Perintis Presisi Samapta Polres Manggarai, Wujudkan Situasi Kamtibmas Kondusif

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng - Dalam rangka mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan nyaman di malam hari di kota Ruteng, pada Kamis, 11 Juli 2024 pukul 19.10 WITA, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat Patroli Perintis Presisi. Patroli ini mencakup patroli dialogis dan himbauan kamtibmas di malam hari di sekitar kota Ruteng.

Sasaran patroli ini meliputi pemukiman warga di Kelurahan Mbaumuku, pertokoan, Bank BRI, pedagang kaki lima, sopir truk ekspedisi, travel, penumpang, serta masyarakat yang masih beraktivitas malam dan nongkrong di beberapa tempat.

Selama patroli, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas malam, para sopir, dan penumpang guna mencari informasi terkait gangguan keamanan sambil menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Petugas juga memberikan himbauan agar tidak mengkonsumsi minuman keras di tempat umum dan agar segera memadamkan api yang dinyalakan sebagai penghangat badan di malam hari untuk menghindari terjadinya kebakaran, terutama di musim kering. Petugas memastikan bahwa api telah benar-benar padam sebelum masyarakat meninggalkan tempat mereka menyalakan api.

Patroli ini diharapkan dapat mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di kota Ruteng, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat di malam hari. Selain itu, patroli bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, serta mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Patroli juga memberikan perlindungan, pengayoman, rasa aman, serta rasa tentram pada masyarakat, menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat, serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli ini dilaksanakan dengan menggunakan 1 unit kendaraan dinas R4 D-max dengan kekuatan personel 8 orang yang dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas, Aipda Kadek Suarsana. Kegiatan berjalan dengan lancar, situasi terpantau aman terkendali.(MBA)