Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai Jaga Situasi Kamtibmas Aman dan Kondusif

Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai Jaga Situasi Kamtibmas Aman dan Kondusif
Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai Jaga Situasi Kamtibmas Aman dan Kondusif

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 07 Juni 2024 - Anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan sambang dalam kota pada hari ini, Jumat, 07 Juni 2024 pukul 09.00 WITA. Patroli ini dilakukan untuk menyampaikan himbauan serta melakukan penertiban dan pengaturan lalu lintas sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Patroli menyasar masyarakat yang berkumpul di berbagai lokasi, termasuk warga kota yang berada di depan toko/kios, di jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, serta penumpang di beberapa tempat. Petugas juga mengatur arus lalu lintas di pertigaan dan perempatan yang rawan kemacetan.

Selama patroli, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, termasuk tukang ojek, sopir angkot, dan pedagang. Mereka diminta untuk pindah ke tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda atau pengelola pasar. Petugas memberikan himbauan mengenai ketertiban dan keamanan masyarakat (Kantibmas) serta keselamatan berlalu lintas (Kamseltibcarlantas). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan kemacetan lalu lintas, terutama menjelang Pesta Demokrasi dan Pilpres.

Petugas juga mencari informasi di lingkungan pasar mengenai hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan keamanan seperti pencurian dan pencopetan.

Patroli ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat.
  • Mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan terjadinya kriminalitas.
  • Mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
  • Memberikan perlindungan, pengayoman, serta rasa aman dan tentram kepada masyarakat.
  • Menjalin hubungan kemitraan dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi mereka.
  • Membatasi gerak provokator dan separatis di tengah masyarakat.

Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilaksanakan menggunakan kendaraan R4 Dimax Samapta dengan kekuatan personel sebanyak 6 orang yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta, Aipda M. Zainudin. Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman dan terkendali, serta arus lalu lintas berjalan tertib dan lancar.

Kegiatan patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas, serta mencegah terjadinya kriminalitas dan gangguan keamanan di wilayah Kota Ruteng dan sekitarnya.(MBA)