Bhabinkamtibmas BRIPKA ADRIANUS G SUMAN Giat Patroli dan Sambang di Desa Golo Cador cegah TPPO

Bhabinkamtibmas BRIPKA ADRIANUS G SUMAN Giat Patroli dan Sambang di Desa Golo Cador cegah TPPO

Tribratanewsmanggarai.com-

Wae Ri'i, 03 Januari 2024 - Bhabinkamtibmas Kecamatan Wae Ri'i, BRIPKA ADRIANUS G SUMAN, melaksanakan tugas patroli dan sambang di dusun Ara desa Golo Cador pada hari ini, Rabu (03/01/2024) pukul 12.00 Wita. Dalam kegiatan tersebut, petugas Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan kamtibmas dan meneruskan himbauan dari Kapolres Manggarai yang terkait dengan beberapa isu penting.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas memberikan himbauan terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Masyarakat diminta agar tidak mudah percaya dengan tawaran pekerjaan di luar kota atau luar negeri dengan iming-iming upah/gaji besar. Jika ada oknum tidak dikenal yang datang untuk merekrut tenaga kerja, diharapkan segera menginformasikan kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas guna mencegah potensi menjadi korban TPPO.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan terkait bahaya gigitan Hewan Pemeliharaan Rumah (HPR). Masyarakat diminta untuk melakukan vaksinasi rabies secara rutin ke Puskeswan terdekat dan menjaga agar hewan peliharaan diikat atau dikandangkan guna mencegah risiko gigitan yang dapat membahayakan.

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana alam, Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi banjir dan tanah longsor. Warga yang tinggal di daerah rawan diminta untuk bersiap evakuasi mandiri jika wilayahnya diguyur hujan lebat dengan durasi lama lebih dari satu jam. Bila terjadi bencana, diharapkan segera menginformasikan kepada Petugas Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan aparat Desa setempat untuk tindak lanjut yang cepat.

Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan kepada para remaja untuk menjauhi pergaulan bebas seperti merokok, seks bebas, dan perilaku kenakalan remaja lainnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan mencegah dampak buruk terhadap masa depan generasi muda.

Terakhir, Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat untuk berpolitik secara bijak menjelang Pemilihan Umum (Pemilu). Ia mengingatkan agar perbedaan pilihan politik tidak mengganggu hubungan keluarga dan kekerabatan. Masyarakat juga dihimbau untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah tempat tinggal masing-masing, guna menciptakan Pemilu yang damai dan kondusif.(MBA)