Patroli Dialogis, Himbauan Kamtibmas, dan Pengaturan Lalin oleh Samapta Polres Manggarai di Ruteng

Patroli Dialogis, Himbauan Kamtibmas, dan Pengaturan Lalin oleh Samapta Polres Manggarai di Ruteng
Patroli Dialogis, Himbauan Kamtibmas, dan Pengaturan Lalin oleh Samapta Polres Manggarai di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, pada hari Selasa, 5 Agustus 2024, pukul 09.15 WITA, Anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis, himbauan kamtibmas, serta pengaturan lalu lintas di kota Ruteng.

Kegiatan ini melibatkan patroli di beberapa lokasi strategis seperti Terminal Mena, SPBU Mena, serta berinteraksi dengan sopir angkot, tukang ojek, sopir truk, masyarakat yang datang dari luar kota, dan para penumpang. Sasaran utama patroli adalah untuk memberikan himbauan kamtibmas dan pengaturan lalu lintas guna mencegah gangguan keamanan serta memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Selama patroli, petugas melakukan komunikasi dialogis dengan masyarakat, termasuk penumpang, sopir, pengemudi sepeda motor, mobil, pengecer BMM, dan konsumen yang mengantri di SPBU. Petugas menyampaikan pesan-pesan tentang keamanan dan keselamatan berlalu lintas untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas. Selain itu, petugas juga memberikan arahan kepada pegawai SPBU untuk mendahulukan pengisian kendaraan bermotor guna menghindari antrean panjang yang dapat menyebabkan kemacetan arus lalu lintas.

Dalam dialog dengan masyarakat yang datang dari pedesaan, petugas mencari informasi terkait gangguan kamtibmas di luar kota, seperti mabuk-mabukan, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat serta mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

Patroli dilakukan dengan menggunakan satu unit kendaraan dinas R4 D-Max Samapta dan melibatkan delapan orang personel yang dipimpin oleh Kanit I DALMAS Sat. Samapta AIPDA Kadek Suarsana. Kegiatan berlangsung dengan tertib, situasi terpantau aman dan terkendali, serta arus lalu lintas berjalan lancar.

Patroli dialogis ini diharapkan dapat meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah potensi kriminalitas, serta memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat untuk mendapatkan informasi serta partisipasi aktif dari warga.(MBA)