Sat Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi untuk Jaga Kamtibmas di Kota Ruteng

Sat Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi untuk Jaga Kamtibmas di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai – Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif, pada Kamis, 24 Oktober 2024 pukul 20.00 WITA, Anggota Satuan Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng. Patroli ini berfokus pada patroli dialogis dan memberikan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat yang masih beraktivitas di malam hari.

Sasaran patroli ini mencakup wilayah-wilayah di Kota Ruteng, seperti Kelurahan Bangka Leda, Pau, Satar Tacik/Kumba, Tenda, dan Mbaumuku, serta beberapa titik lainnya di mana petugas mendapati warga dan remaja yang berkumpul di depan kios warga.

Selama patroli, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai. Mereka mengumpulkan informasi terkait potensi gangguan keamanan sekaligus memberikan pesan-pesan Kamtibmas. Petugas menghimbau agar warga tidak mengganggu ketenangan lingkungan pada malam hari dan memperingatkan untuk tidak mengonsumsi minuman keras di tempat umum demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif di Kota Ruteng.

Selain itu, tim patroli juga menyambangi Kantor KPUD dan Kantor Panwaslu Kabupaten Manggarai untuk berkoordinasi dengan petugas jaga terkait informasi penting mengenai keamanan.

Kegiatan patroli ini diharapkan dapat menciptakan Kamtibmas yang kondusif, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat di malam hari, serta memperkuat kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat. Patroli ini juga bertujuan untuk mencegah potensi kriminalitas, gangguan Kamtibmas, dan membatasi pergerakan provokator atau separatis.

Patroli dilaksanakan dengan menggunakan satu unit kendaraan dinas R6 Truck Dalmas, melibatkan enam personel yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta, Aipda Thomas, S.H. Kegiatan berjalan dengan lancar dan situasi terpantau aman terkendali.(MBA)