Bhabin Kecamatan Rahong Utara Gencar Lakukan Pencegahan dan Himbauan Kamtibmas

Bhabin Kecamatan Rahong Utara Gencar Lakukan Pencegahan dan Himbauan Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara, Senin, 15 Januari 2024 - Aipda Ridwan N. Lubalu, Bhabinkamtibmas di Kecamatan Rahong Utara, aktif melakukan kegiatan sambang di Kantor Desa Golo Langkok. Giat tersebut dilaksanakan dalam rangka koordinasi Kamtibmas sekaligus memberikan himbauan untuk mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bencana alam, Hewan Penular Rabies (HPR), kenakalan remaja, dan memberikan pesan damai terkait Pemilu 2024.

Bertempat di kantor desa, Aipda Ridwan N. Lubalu berdiskusi dengan perangkat desa untuk memperoleh informasi terkini seputar kondisi keamanan dan situasi masyarakat setempat. Hasil diskusi tersebut menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Ridwan N. Lubalu menyampaikan edukasi, sosialisasi, dan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat sekitar, dengan fokus pada beberapa poin penting:

A. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat untuk tidak tergiur oleh tawaran pekerjaan di luar negeri secara ilegal. Himbauan diberikan agar warga yang ingin bekerja di luar negeri untuk mengikuti jalur resmi yang disediakan pemerintah. Jika ada tawaran pekerjaan di luar daerah, diimbau untuk segera menginformasikannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat guna mencegah terjadinya TPPO.

B. Sosialisasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing diimbau untuk mengandangkan atau mengikat hewan tersebut guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan rabies. Langkah ini diambil untuk melindungi warga dari risiko penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan peliharaan.

C. Pencegahan dan Antisipasi Terjadinya Bencana Alam: Petugas Bhabin memberikan himbauan agar masyarakat selalu waspada terhadap kondisi cuaca, terutama saat hujan dan angin kencang. Disarankan untuk tidak membangun rumah di daerah rawan longsor dan untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor serta tidak melakukan penggalian pasir dan batu di dekat rumah atau jalan raya untuk mencegah tanah longsor.

D. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai 2024: Petugas Bhabin mengajak masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu 2024. Himbauan diberikan agar tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu situasi kamtibmas. Edukasi diberikan tentang pentingnya menghormati perbedaan pilihan politik dalam demokrasi dan menjunjung tinggi asas kebebasan memilih calon dalam pemilihan umum.

Melalui kegiatan ini, Aipda Ridwan N. Lubalu berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kecamatan Rahong Utara serta menciptakan pemilu yang damai dan demokratis pada tahun 2024.(MBA)