Sosialisasi Pencegahan Bencana Alam dan Kampanye Damai oleh Bripka ARSEL LIUNIMA di Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat

Sosialisasi Pencegahan Bencana Alam dan Kampanye Damai oleh Bripka ARSEL LIUNIMA di Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat

Tribratanewsmanggarai.com-

Satarmese Barat, 18 Januari 2024 - Bripka ARSEL LIUNIMA, seorang Babinkamtibmas di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan bencana alam dan kampanye damai dalam rangka menghadapi Pemilu 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Januari 2024, mulai pukul 11.00 WITA hingga 12.30 WITA di kantor Desa Satar Lenda.

Dalam kegiatan tersebut, Bripka ARSEL LIUNIMA berdiskusi dengan Kepala Desa Satar Lenda, KAROLUS KARBIN, dan stafnya. Diskusi ini bertujuan untuk menggali upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Desa Satar Lenda.

Beberapa hasil diskusi bersama Pemdes Satar Lenda mencakup beberapa aspek penting, antara lain:

Sosialisasi Pencegahan Bencana Alam: Dalam menghadapi musim hujan, Bripka ARSEL LIUNIMA menekankan pentingnya Pemdes memastikan keselamatan warga di lokasi rawan bencana alam. Warga yang tinggal di pinggir pantai, pinggir sungai, di atas bukit, atau di lereng gunung diingatkan untuk tetap waspada terhadap cuaca buruk seperti hujan tinggi, angin kencang, dan potensi tanah longsor. Masyarakat diimbau untuk segera mengungsi ke tempat yang aman jika diperlukan.

Sosialisasi Pencegahan Curanmor/Ranmor Bodong: Dalam rangka mengatasi kasus curanmor yang semakin meningkat, Pemdes Satar Lenda diminta untuk memastikan setiap warga memiliki sistem keamanan pada kendaraan bermotor mereka. Pemilik kendaraan diminta untuk memastikan Setir Pengaman Mobil (SPM) berada dalam posisi aman atau terkunci. Selain itu, ditekankan untuk tidak membeli kendaraan bermotor yang tidak memiliki dokumen lengkap.

Sosialisasi Pemilu Damai: Bripka ARSEL LIUNIMA juga memberikan edukasi Kamtibmas dari KAPOLDA NTT tentang "Pemilu Damai, Tertib, dan Lancar untuk Indonesia Maju dan Sejahtera." Masyarakat Kecamatan Satarmese Barat diingatkan untuk mendukung tugas Polri dalam menjaga keamanan selama proses pemilu. Beberapa pesan kamtibmas yang disampaikan meliputi:

  1. Menghindari kampanye hitam dan politik uang.
  2. Menjauhi ajakan atau hasutan untuk tindakan anarkis jika kubu politik mengalami kekalahan pada Pemilu tanggal 14 Februari 2024.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan bencana alam, keamanan kendaraan bermotor, dan pentingnya pemilu damai untuk kemajuan Indonesia.(MBA)