Patroli Dialogis Sat Samapta Polres Manggarai: Upaya Mewujudkan Kamtibmas Kondusif di Kota Ruteng

Patroli Dialogis Sat Samapta Polres Manggarai: Upaya Mewujudkan Kamtibmas Kondusif di Kota Ruteng
Patroli Dialogis Sat Samapta Polres Manggarai: Upaya Mewujudkan Kamtibmas Kondusif di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai – Dalam upaya menjaga dan meningkatkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, pada hari Minggu, 01 September 2024, pukul 10.00 WITA, anggota Satuan Samapta Polres Manggarai melaksanakan patroli dialogis serta pengaturan arus lalu lintas di beberapa lokasi strategis dalam Kota Ruteng.

Patroli ini menyasar kerumunan orang di terminal, sopir angkot, tukang ojek, serta arus lalu lintas di sekitar kota. Dalam pelaksanaannya, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang berkumpul, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas serta himbauan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak pidana seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada para sopir dan tukang ojek untuk mematuhi ketentuan lalu lintas yang berlaku, serta mengutamakan keselamatan penumpang. Dialog juga dilakukan dengan masyarakat dari luar kota guna mencari informasi terkait potensi gangguan Kamtibmas yang mungkin muncul dari luar wilayah.

Petugas tidak lupa menyampaikan himbauan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, serta tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu atau informasi yang tidak benar (hoax) demi menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Kegiatan patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas. Kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat juga diharapkan dapat mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang dapat memicu kriminalitas, serta memberikan rasa aman dan perlindungan yang lebih baik kepada masyarakat.

Dengan kegiatan ini, Sat Samapta Polres Manggarai terus berkomitmen untuk menghadirkan polisi yang selalu dekat dengan masyarakat, sekaligus menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif di wilayah Kota Ruteng.(MBA)