Patroli Dialogis Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak di Desa Ndiwar, Kabupaten Manggarai

Patroli Dialogis Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak di Desa Ndiwar, Kabupaten Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 7 November 2023 - Hari Selasa pukul 12.00 Wita, Bripka Andreas Korsini Ta dan Briptu Charles Darwin Yansen, yang merupakan Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, yang bertugas di Polres Manggarai Polda NTT, melaksanakan patroli dialogis di wilayah Desa Ndiwar, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai.

Dalam pelaksanaan patroli dialogis tersebut, petugas Bhabinkamtibmas menyambangi rumah seorang warga bernama Paulus Erson. Momen ini digunakan oleh petugas untuk menyampaikan pesan-pesan penting terkait kamtibmas yang telah dikeluarkan oleh Bapak Kapolres Manggarai, terutama dalam rangka pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Beberapa pesan kamtibmas yang disampaikan kepada warga Desa Ndiwar adalah sebagai berikut:

a. Berhati-hati Terhadap Penawaran Pekerjaan di Luar Kota atau Luar Negeri

Warga diminta agar tidak mudah terpengaruh oleh bujuk rayu orang-orang yang menawarkan pekerjaan di luar kota atau bahkan di luar negeri dengan iming-iming upah atau gaji yang besar. Bripka Andreas Korsini Ta dan Briptu Charles Darwin Yansen menekankan pentingnya berhati-hati dan melakukan pengecekan serta verifikasi sebelum menerima tawaran pekerjaan semacam ini.

b. Peran Orang Tua dalam Melindungi Anak-Anak

Petugas juga mengingatkan para orang tua untuk selalu menjaga anak-anak mereka agar tidak terpengaruh oleh bujuk rayu oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Orang tua diharapkan aktif dalam mengawasi pergaulan anak-anak mereka dan memberikan pemahaman tentang potensi bahaya yang mungkin dihadapi oleh anak-anak.

c. Melapor kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas

Warga Desa Ndiwar diminta untuk segera menginformasikan kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas jika ada oknum-oknum yang tidak dikenal datang ke rumah mereka dengan maksud merekrut tenaga kerja. Langkah ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan integritas warga Desa Ndiwar dari potensi ancaman TPPO.

d. Bersama-sama Melindungi Keluarga dari TPPO

Terakhir, petugas Bhabinkamtibmas mengajak seluruh warga untuk selalu bersama-sama menjaga keluarga agar tidak menjadi korban TPPO. Dalam situasi ini, kolaborasi dan kerjasama antara warga dengan aparat keamanan sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana perdagangan orang.

Patroli dialogis ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh aparat keamanan dalam memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam pencegahan tindak pidana perdagangan orang yang dapat merugikan individu dan keluarga. Semangat kerja sama antara petugas Bhabinkamtibmas dan warga Desa Ndiwar diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan terhindar dari ancaman TPPO.(MBA)