Patroli dan Sambang oleh Satuan Polairud Polres Manggarai untuk Jaga Kamtibmas di Pesisir

Patroli dan Sambang oleh Satuan Polairud Polres Manggarai untuk Jaga Kamtibmas di Pesisir

Tribratanewsmanggarai.com-

Reok - Dalam upaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah pesisir, Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Manggarai melakukan patroli dan sambang pada Jumat, 31 Mei 2024, dengan rincian sebagai berikut:

Pukul 11.00 WITA, Kasubnit Binmas Air AIPDA MARLON ETWIORY melaksanakan patroli dan sambang terhadap Kapal "Shakila Rafani" dengan nomor registrasi GT 45 No. 1442/LLG yang dikomandani oleh Nahkoda JAMAL dan ditemani oleh 5 ABK. Dalam kesempatan tersebut, AIPDA MARLON memberikan himbauan kepada ABK dan buruh kapal untuk selalu memprioritaskan keselamatan saat melakukan proses bongkar muat barang. Dia juga menekankan agar muatan kapal tidak melebihi kapasitas (overload) serta menjaga kebersihan di pelabuhan dan pesisir pantai dengan tidak membuang sampah ke laut.

Selain itu, dalam himbauannya, AIPDA MARLON juga mengajak penggiat kapal dan masyarakat pesisir untuk turut berperan aktif dalam membantu Polri dalam pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Dia juga mengingatkan agar kapten kapal sebagai juru mudi antar pulau dapat membantu pihak kepolisian dalam mengungkap dan menangkap pelaku TPPO.

Satuan Polairud secara rutin memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat nelayan pesisir untuk menjaga kebersihan di pesisir dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum di wilayah tersebut, dengan tujuan menciptakan keamanan yang baik bagi mereka, selain itu  Kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di wilayah pesisir.

Upaya ini menunjukkan komitmen Satuan Polairud Polres Manggarai dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pesisir serta melindungi masyarakat nelayan dari berbagai potensi tindak kejahatan.(MBA)