Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas Aipda Ridwan Nelson Lubalu Bersama Babinsa Sertu Usman di Kampung Pau Desa Bangka Ajang

Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas Aipda Ridwan Nelson Lubalu Bersama Babinsa Sertu Usman di Kampung Pau Desa Bangka Ajang

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara, 28 Juni 2024 – Pada hari ini, Jumat 28 Juni 2024, Aipda Ridwan Nelson Lubalu selaku Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, bersama Babinsa Sertu Usman, melaksanakan kegiatan patroli dan sambang di Kampung Pau, Desa Bangka Ajang, Kecamatan Rahong Utara.

Kegiatan ini berlangsung di rumah Bapak Alosius Jehamur. Dalam kesempatan tersebut, petugas Bhabinkamtibmas memberikan edukasi, sosialisasi, serta menyampaikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada warga setempat.

Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Petugas Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Petugas menekankan pentingnya mengikuti jalur atau mekanisme resmi dari pemerintah melalui PJTKI. Selain itu, petugas juga menghimbau agar warga segera menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika ada yang ingin direkrut untuk bekerja di luar daerah/negeri guna mencegah terjadinya TPPO.

Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Petugas Bhabinkamtibmas mengajak serta menghimbau warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar wajib dikandangkan atau diikat untuk mencegah gigitan terhadap manusia. Langkah ini dilakukan guna menghindari korban gigitan anjing rabies (penyakit anjing gila).

Himbauan Menjaga Keamanan dan Ketertiban Desa

Petugas Bhabinkamtibmas juga mengajak warga untuk selalu menginformasikan kepada petugas atau kantor polisi terdekat jika terjadi gangguan kamtibmas di wilayah desa. Hal ini bertujuan untuk mencegah tindakan main hakim sendiri dan menjaga situasi Pilkada serentak tahun 2024 agar berlangsung aman dan damai.

Kegiatan patroli dan sambang ini merupakan bagian dari upaya Polres Manggarai dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar.(MBA)