Patroli dan Edukasi Kamtibmas oleh Bhabinkamtibmas Kecamatan Langkerembong

Patroli dan Edukasi Kamtibmas oleh Bhabinkamtibmas Kecamatan Langkerembong

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, Manggarai - Jumat, 31 Mei 2024 — Pada hari ini, Aipda Maximus Setu dan Bripka Mateus Maju, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langkerembong, Kabupaten Manggarai, melaksanakan kegiatan sambang dan patroli di rumah Purnawirawan Polri, Bapak Stani Mawas, yang berlokasi di Karot Tadong, RT 008, RW 002. Dalam kunjungan ini, mereka menghimbau Bapak Stani agar tidak mudah terpancing oleh rayuan atau bujukan dari warga Tadong yang mengklaim tanah lapang di lembaga Pemasyarakatan yang sedang bermasalah.

Selain itu, petugas Bhabinkamtibmas juga menyampaikan berbagai himbauan dan pesan-pesan kamtibmas, yang meliputi:

1. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Petugas Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Mereka menekankan pentingnya mengikuti jalur atau mekanisme resmi dari pemerintah melalui PJTKI jika ingin bekerja di luar negeri. Warga juga dihimbau untuk segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika ada yang direkrut untuk bekerja di luar daerah/negeri guna mencegah terjadinya TPPO.

2. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Petugas mengajak warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing untuk selalu mengandangkan atau mengikat hewan tersebut agar tidak menggigit manusia. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya korban gigitan anjing rabies (penyakit anjing gila).

3. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan dan Antisipasi Terjadinya Bencana Alam

Petugas mengajak warga untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam, terutama saat terjadi hujan dan angin kencang. Mereka juga menghimbau agar warga tidak membangun rumah di daerah rawan longsor dan bersama-sama menjaga serta melestarikan alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor dan tidak melakukan penggalian pasir dan batu di sekitar rumah atau jalan raya untuk mencegah terjadinya tanah longsor.

Petugas Bhabinkamtibmas juga menghimbau warga untuk segera melaporkan kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika terjadi gangguan kamtibmas, guna menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Dengan patroli dan sosialisasi yang terus dilakukan, diharapkan warga Kecamatan Langkerembong semakin waspada dan memahami pentingnya menjaga keamanan serta ketertiban di lingkungan sekitar mereka.(MBA)