UPAYA BHABINKAMTIBMAS CEGAH TPPO DI WILAYAH BINAAN

UPAYA BHABINKAMTIBMAS CEGAH TPPO DI WILAYAH BINAAN

tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai - AIPDA Flavianus Jedaut, anggota Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan sambang dan patroli dialogis guna mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 26 Juli 2023, pukul 12.00 Wita, dan berlangsung di rumah Bapak Titus Ahas yang berlokasi di Kampung Taga, Kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong.

Dalam pertemuan tersebut, AIPDA Flavianus Jedaut bertujuan memberikan kepastian situasi kamtibmas di wilayahnya agar tetap kondusif dan aman. Selain itu, beliau juga menyampaikan himbauan kamtibmas terkait Atensi Khusus Kapolda NTT terkait pencegahan TPPO yang marak terjadi di wilayah NTT.

Dalam kesempatan tersebut, AIPDA Flavianus Jedaut menyampaikan bahwa peran serta dan kerjasama aktif dari masyarakat sangatlah penting dalam memerangi TPPO. Ia mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) dan Tenaga Kerja Ilegal yang hendak berangkat ke luar negeri.

Beliau juga menekankan agar jika ada informasi terkait aktivitas PJTKI atau calon tenaga kerja ilegal, agar segera melaporkannya kepada pihak berwajib atau kepada petugas Bhabinkamtibmas melalui nomor handphone yang telah disediakan.

"Kami berharap masyarakat tidak tergiur dengan bujuk rayu dari para penyalur jasa Tenaga Kerja Ilegal. Keputusan untuk berangkat ke luar negeri harus melalui jalur resmi dan terjamin keamanannya agar tidak menimbulkan bahaya dan bencana di kemudian hari," ujar AIPDA Flavianus Jedaut.

Selain memberikan himbauan kamtibmas, kegiatan sambang dan patroli dialogis ini juga menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berinteraksi langsung dengan petugas kepolisian. Hal ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dan pihak kepolisian serta memperkuat sinergi dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi ancaman TPPO dan menjaga keamanan wilayah Kecamatan Langke Rembong. Semua pihak diajak untuk bersama-sama berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan terbebas dari tindak kejahatan.

Demi tercapainya tujuan tersebut, peran serta dan kerjasama aktif dari seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat terus ditingkatkan. Dengan saling mendukung dan melibatkan diri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, wilayah Kecamatan Langke Rembong dapat tetap menjadi tempat yang aman, nyaman, dan damai.(MBA)