Kapolres Manggarai pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 Tingkat Polres Manggarai

Kapolres Manggarai pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 Tingkat Polres Manggarai
Kapolres Manggarai pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 Tingkat Polres Manggarai
Kapolres Manggarai pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 Tingkat Polres Manggarai
Kapolres Manggarai pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 Tingkat Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai - Pada hari Senin, tanggal 01 Juli 2024, pukul 09.00 WITA, bertempat di Lapangan Apel Polres Manggarai, dilaksanakan Upacara Bhayangkara ke-78 tahun 2024 dengan tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas". Upacara ini dipimpin oleh Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh, S.I.K, M.H, dan Komandan Upacara IPTU Edi Purnomo Wijayanto SE.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Manggarai Herybertus G.L. Nabit, S.E, M.A, Kasdim 1612 Manggarai Mayor Inf Topan Novianto, Ketua Pengadilan Negeri Manggarai I Made Hendra Satya Dharma, S.H, M.H, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Matias Masir, S.Pd, Kejaksaan Negeri Manggarai Fauzi, S.H., M.H., Kalapas Kelas 2B Ruteng Heri Sutriadi, A.Md.IP., S.Sos., Waka Polres Manggarai Kompol Karel Leokuna, S.Kom, M.M, Danki Brimob Kompi 2 Batalion B Pelopor Manggarai IPTU Julhaedi, Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Ruteng Ny. Sary Edwin Saleh, mantan Bupati Manggarai periode 2000-2005 Drs. Anthony Bagul Dagur, M.Si, Komisioner Bawaslu Kabupaten Manggarai, Komisioner KPU Kabupaten Manggarai, para pejabat utama Polres Manggarai, para Kapolsek, para perwira, pimpinan OPD Kabupaten Manggarai, pimpinan BUMN/BUMD, purnawirawan Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.

Peserta upacara terdiri dari Staf Polres Manggarai 2 peleton, Satuan Lantas Polres Manggarai 1 peleton, gabungan Reskrim dan Intel 1 peleton, Dalmas Polres Manggarai 1 peleton, Kodim 1612 Manggarai 20 personil, Brimob 2 Yon Pelopor 2 peleton, Polwan 1 peleton, Bhabinkamtibmas 1 peleton, dan Sat Polairud Polres Manggarai 3 personil.

Rangkaian kegiatan upacara Hari Bhayangkara ke-78 meliputi parade peserta upacara pada pukul 08.30 WITA, pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Upacara, pengucapan Tribrata dan Caturprasetya, serta pembacaan amanat dari Kapolda NTT oleh Inspektur Upacara. Amanat tersebut menyampaikan beberapa arahan penting, antara lain:

  1. Ucapan selamat hari Bhayangkara ke-78 dan penghargaan atas kerja keras seluruh personil Polda NTT dalam melayani masyarakat di Flobamorata.
  2. Visi Polri untuk berperan aktif dalam mendukung pembangunan nasional yang berorientasi pada kemajuan ekonomi, keadilan sosial, dan keberlanjutan lingkungan.
  3. Pelaksanaan berbagai kegiatan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78, termasuk pagelaran budaya dan lomba fashion show tenun modifikasi.
  4. Dukungan Polda NTT terhadap proyek strategis nasional untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan ekonomi di berbagai wilayah Indonesia, termasuk NTT.
  5. Pengamanan agenda nasional pemilihan kepala daerah serentak yang harus diantisipasi dengan baik.
  6. Hasil survei Litbang Kompas menunjukkan TNI-Polri sebagai dua lembaga dengan citra positif teratas, dengan Polri mencapai angka 73,1%.
  7. Pengingat kepada seluruh anggota Polda NTT untuk meminimalisir pelanggaran kode etik dan disiplin Polri, serta terus meningkatkan profesionalisme.
  8. Ucapan selamat kepada anggota Polri yang menerima tanda kehormatan sebagai cerminan dari kerja keras, disiplin, dan komitmen.
  9. Peringatan hari Bhayangkara sebagai momentum penting untuk merenungkan perjalanan panjang Polri dalam melayani, mengayomi, dan melindungi masyarakat.
  10. Ucapan selamat hari Bhayangkara ke-78 kepada seluruh anggota Polri di Provinsi NTT dengan harapan semangat dan dedikasi tinggi dalam mencapai cita-cita yang luhur.

Upacara berakhir pukul 09.00 WITA dan dilanjutkan dengan foto bersama Forkopimda dan undangan yang hadir, kemudian acara syukuran sebagai penutup rangkaian kegiatan.(MBA)