Jaga Stabilitas Kamtibmas, Anggota Samapta Lakukan Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalin di Kota Ruteng

Jaga Stabilitas Kamtibmas, Anggota Samapta Lakukan Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalin di Kota Ruteng

tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Senin (17/07/2023) - Pukul 09.00 wita, anggota Satuan Sabhara Polres Manggarai melaksanakan patroli dialogis serta pengaturan arus lalu lintas di beberapa lokasi strategis dalam kota. Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, dan memberikan perlindungan serta pengayoman kepada masyarakat.

Dalam patroli kali ini, petugas menargetkan beberapa sasaran utama, antara lain kerumunan orang di terminal, sopir angkot, tukang ojek, dan arus lalu lintas di dalam Kota Ruteng. Dalam bertindak, petugas menggunakan pendekatan komunikasi dialogis dengan masyarakat yang berkerumun. Mereka menyampaikan pesan-pesan kamtibmas serta memberikan himbauan guna mencegah terjadinya tindak pidana atau kejahatan lainnya, seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Petugas juga memberikan himbauan kepada sopir dan tukang ojek agar mematuhi ketentuan yang berlaku dalam mengemudikan kendaraan, dengan mengutamakan keselamatan penumpang. Selain itu, mereka berdialog dengan masyarakat yang berasal dari luar kota untuk mencari informasi mengenai gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi di daerah tersebut. Para petugas juga mengingatkan masyarakat yang sedang beraktivitas agar tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak mudah terprovokasi oleh isu atau informasi yang tidak benar dan hoaks, demi keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat.

Hasil yang ingin dicapai dari patroli ini adalah meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat agar mereka merasa aman dalam beraktivitas serta senang dengan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah mereka. Selain itu, patroli ini juga bertujuan untuk mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas serta menghadirkan rasa aman, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat.

Kegiatan patroli tersebut melibatkan tim dengan kekuatan sebanyak 8 orang yang dipimpin oleh Kanit Dalmas AIPDA Joost O.R Moeda. Petugas-petugas yang terlibat dalam patroli ini telah dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugasnya. Mereka siap memberikan pelayanan dan bantuan kepada masyarakat setempat.

Diharapkan, melalui kegiatan patroli dialogis dan pengaturan arus lalu lintas ini, kehadiran polisi akan semakin dirasakan oleh masyarakat Ruteng dan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman, menekan angka kejahatan, serta memberikan rasa nyaman dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.(MBA)