Harkamtibmas : Satuan Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Perintis Presisi di Ruteng

Harkamtibmas : Satuan Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Perintis Presisi di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 19 Desember 2023 - Satuan Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi pada hari Selasa, 19 Desember 2023, pukul 20.10 WITA. Anggota Samapta Polres Manggarai turut serta dalam patroli dialogis dan himbauan Kantibmas di berbagai wilayah kota Ruteng.

Patroli ini diarahkan untuk menyasar masyarakat yang berkumpul, pengemudi kendaraan bermotor seperti roda dua dengan knalpot racing, tanpa helm, dan roda empat yang beraktivitas malam hari. Wilayah-wilayah yang menjadi fokus patroli meliputi Kelurahan Mbaumuku, Satar Tacik, Tenda, Watu, Bangka Nekang, pemuda yang berkumpul di berbagai tempat, pedagang kaki lima di kompleks Swalayan Santosa Raya, Kompleks Gudang Logistik KPU, dan titik-titik rawan lainnya dalam kota Ruteng.

Cara bertindak yang diterapkan oleh anggota Satuan Samapta Polres Manggarai adalah melalui komunikasi dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas malam. Mereka mencari informasi terkait gangguan keamanan sambil menyampaikan pesan-pesan Kantibmas. Anggota patroli memberikan himbauan dan mengarahkan para pemuda yang tengah berkumpul agar kembali ke rumah masing-masing, terutama yang sedang mengonsumsi minuman keras untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Teguran dan pembinaan diberikan kepada pengendara roda dua yang menggunakan knalpot racing agar segera mengganti knalpot kendaraannya demi menjaga kenyamanan pada malam hari.

Patroli Perintis Presisi ini bertujuan untuk mencapai kondisi Kamtibmas yang kondusif dalam kota Ruteng, dengan meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat pada malam hari. Keberadaan polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat mencegah faktor niat dan kesempatan yang dapat memicu kriminalitas, serta memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat.

Kegiatan patroli ini dilaksanakan dengan menggunakan 1 unit Randis R4 D-Max dan 2 unit Randis R2 Kuat, serta melibatkan 10 orang anggota yang dipimpin oleh KBO SAMAPTA, IPDA I Wayan Guna. Seluruh kegiatan berlangsung aman dan lancar, dengan situasi kota Ruteng dan sekitarnya terpantau aman dan terkendali. Patroli Perintis Presisi ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di kota Ruteng.(MBA)