Hadiri Musyawarah Dusun Diwu Lewe Desa Salama: Bhabinkamtibmas AIPDA Yustianus Gorang Ajak Warga Perkuat Kamtibmas dan Antisipasi Bencana

Hadiri Musyawarah Dusun Diwu Lewe Desa Salama: Bhabinkamtibmas  AIPDA Yustianus Gorang Ajak Warga Perkuat Kamtibmas dan Antisipasi Bencana

Tribratanewsmanggarai.com-

Reok, Kabupaten Manggarai, 8 Desember 2023 - Aipda Yustianus Gorang, Bhabinkamtibmas (Bhabin) di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, turut serta dalam Musyawara Dusun (musdus) tingkat Dusun Diwu Lewe Desa Salama, pada hari ini Jumat, 8 Desember 2023, pukul 15.00 WITA. Acara berlangsung di Kampung Salama, Dusun Diwu Lewe, Desa Salama.

Hadir dalam kesempatan ini sejumlah tokoh masyarakat, agama, dan perwakilan pemerintahan setempat, termasuk Ketua BPD Desa Salama Mikael Doko dan anggotanya, Babinsa, Kepala Dusun Diwu Lewe, Kepala Dusun Wae Nggorong, para RT dan RW Dusun Diwu Lewe, serta perwakilan tokoh muda dan perempuan, jumlahnya kurang lebih 20 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabin Yustianus Gorang memberikan sosialisasi dan edukasi kepada warga sekitar, dengan poin-poin utama sebagai berikut:

a) Sosialisasi & Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Bhabin mengingatkan warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Ia menyarankan agar warga yang berencana bekerja di luar negeri untuk mengikuti jalur resmi yang ditetapkan pemerintah melalui PJTKI. Bhabin juga meminta agar warga segera melaporkan jika ada rekrutmen pekerjaan di luar daerah atau negeri kepada pihak berwenang untuk mencegah terjadinya TPPO.

b) Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Bhabin mengajak pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaannya guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penyakit rabies. Langkah ini diambil untuk menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat.

c) Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Petugas Bhabin menghimbau warga agar tidak menggunakan pembakaran untuk membersihkan lahan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Bhabin juga mengajak warga untuk segera melaporkan kepadanya jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

d) Sosialisasi & Edukasi Pencegahan dan Antisipasi Terjadinya Bencana Alam

Bhabin Yustianus Gorang mengingatkan warga agar selalu waspada terhadap potensi bencana alam, seperti hujan lebat dan angin kencang. Ia juga menyarankan agar tidak membangun rumah di daerah yang rawan longsor dan untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor serta tidak melakukan penggalian pasir dan batu dekat rumah atau jalan raya.

e) Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai

Bhabin mengajak warga untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu. Ia memberikan edukasi bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal biasa dalam demokrasi dan harus dihormati. Bhabin juga menekankan agar tidak ada intimidasi atau paksaan dalam proses pemilihan dan mengajak agar perbedaan pilihan politik tidak menjadi dasar untuk saling memusuhi, serta mendorong untuk menjunjung tinggi asas kebebasan memilih.(MBA)