Satuan Binmas Polres Manggarai Intensifkan Upaya Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Karhutla, HPR, dan Kenakalan Remaja

Satuan Binmas Polres Manggarai Intensifkan Upaya Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Karhutla, HPR, dan Kenakalan Remaja

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 30 Oktober 2023 - Anggota Satuan Binmas Polres Manggarai terus mengambil inisiatif dalam upaya pencegahan berbagai tindak pidana di wilayah hukum Polres Manggarai. Hari ini, Aipda Maxi Mus Setu, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, melaksanakan giat sambang dan patroli di daerah Kampung Nekang, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong.

Giat ini bertujuan untuk berinteraksi dengan warga, khususnya penghuni kos-kosan, dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas terkait beberapa isu penting yang perlu mendapat perhatian masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Petugas Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan berikut:

  1. Pencegahan Tindak Pidana Pencurian: Petugas mengingatkan masyarakat terkait maraknya kasus pencurian yang beberapa waktu terakhir terjadi di kos-kosan. Masyarakat, terutama mahasiswa dan penghuni kos, diminta untuk ikut serta dalam mencegah tindakan pencurian dengan memberikan informasi kepada petugas jika mereka menemukan orang-orang yang datang bertamu ke kos-kosan dengan tujuan yang tidak jelas. Petugas Bhabinkamtibmas juga berpesan agar warga untuk segera menghubungi petugas jika ada kejanggalan yang mencurigakan.
  2. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas juga memberikan sosialisasi terkait upaya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Masyarakat diminta untuk bekerja sama dan melaporkan jika menemukan penyalur jasa tenaga kerja ilegal yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri. Hal ini dilakukan untuk melindungi warga dari praktik ilegal dan potensi eksploitasi.
  3. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Warga yang memelihara Hewan Penular Rabies (HPR) seperti monyet, anjing, dan kucing diminta untuk selalu mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka. Selain itu, pemberian vaksin (VAR) secara berkala juga sangat penting untuk mencegah penularan rabies. Upaya ini dilakukan demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.
  4. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Petugas Bhabinkamtibmas mengingatkan warga tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan, terutama karena saat ini wilayah sedang memasuki musim kemarau. Masyarakat diminta untuk tidak menggunakan sistem bakar dalam pengolahan lahan pertanian mereka, yang dapat memicu kebakaran hutan. Upaya ini sangat penting untuk menjaga lingkungan dan mencegah bencana kebakaran.

Giat yang dilaksanakan oleh Anggota Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong ini merupakan salah satu bentuk upaya Polres Manggarai dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat di wilayah hukum mereka. Masyarakat diharapkan dapat mendukung upaya-upaya ini dan berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama-sama.(MBA)