Bripka Yoni Tandungan Himbau Warga Ruteng Agar Waspada Terhadap Berbagai Ancaman

Bripka Yoni Tandungan Himbau Warga Ruteng Agar Waspada Terhadap Berbagai Ancaman

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 18 Januari 2024 - Bripka Yoni Tandungan, Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, aktif melaksanakan tugasnya dengan melaksanakan giat patroli dialogis pada hari Kamis, 18 Januari 2024. Kali ini, giat patroli dilakukan di sekitar Desa Poco Likang, dengan kunjungan ke rumah salah satu warga, yaitu an. Charles Jehadu.

Dalam kunjungannya, Bripka Yoni menyampaikan pesan kamtibmas dan meneruskan himbauan dari Kapolres Manggarai terkait dengan berbagai isu keamanan, seperti Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kenakalan Remaja, Hewan Penular Rabies (HPR), Bencana Alam, dan Situasi Kamtibmas menjelang Pemilu 2024.

Berikut adalah rangkuman sosialisasi dan edukasi yang disampaikan oleh Bripka Yoni Tandungan:

A. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Petugas Bhabin, Aipda Kornelius, mengingatkan warga agar tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Ia juga mengajak warga yang berkeinginan bekerja di luar negeri untuk mengikuti jalur resmi yang disediakan oleh pemerintah. Jika ada rekrutmen pekerjaan di luar daerah, warga diminta segera menginformasikannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat guna mencegah terjadinya TPPO.

B. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Petugas Bhabin menghimbau pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan rabies. Langkah ini diambil untuk menjaga keamanan masyarakat dari risiko penyakit anjing gila.

C. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan dan Antisipasi Terjadinya Bencana Alam

Bripka Yoni mengingatkan warga untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem seperti hujan dan angin kencang. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak membangun rumah di daerah rawan longsor. Ia juga mengajak warga untuk menjaga dan melestarikan alam, termasuk tidak menebang pohon di daerah rawan longsor serta menghindari penggalian pasir dan batu di dekat rumah atau jalan raya untuk mencegah tanah longsor.

D. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai 2024

Bripka Yoni mendorong masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu 2024. Ia mengingatkan warga agar tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu situasi kamtibmas. Edukasi pentingnya menghormati perbedaan pilihan politik, tidak melakukan intimidasi, dan menjunjung tinggi asas kebebasan memilih calon dalam pemilihan umum juga disampaikan. Masyarakat dihimbau untuk melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabin atau kantor polisi terdekat.

Petugas Bhabinkamtibmas juga meminta kerjasama dari warga setempat untuk berbagi informasi terkait situasi keamanan dan ketertiban di wilayah sekitarnya. Apabila ada persoalan Tindak Pidana atau Perdata, mereka diminta untuk segera menginformasikannya ke petugas Bhabinkamtibmas untuk ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat. Semua upaya ini diambil dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan warga Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.(MBA)