BRIPKA THEODORUS ANGKAT Dukung Panen Raya Holtikultura dan Berikan Himbauan Penting di Ndajang, Desa Lungar

BRIPKA THEODORUS ANGKAT Dukung Panen Raya Holtikultura dan Berikan Himbauan Penting di Ndajang, Desa Lungar
BRIPKA THEODORUS ANGKAT Dukung Panen Raya Holtikultura dan Berikan Himbauan Penting di Ndajang, Desa Lungar

Tribratanewsmanggarai.com-

Satar Mese, 10 Oktober 2023- BRIPKA THEODORUS ANGKAT, Bhabinkamtibmas di Kecamatan Satar Mese, pada hari Selasa, 10 Oktober 2023, turut memantau kegiatan Panen Raya tanaman Holtikultura di Ndajang, Desa Lungar, Kecamatan Satar Mese. Kegiatan ini melibatkan anggota Klompok Tani Banera, yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 14.30 Wita.

Panen Raya ini menampilkan hasil panen sayuran jenis PACOI, yang telah berusia satu bulan dan siap untuk dipasarkan. Hasil panen ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian anggota Klompok Nera, yang dengan tekun dan kerjasama bergotong royong, telah merawat tanaman Holtikultura ini.

Selain anggota Klompok Tani, kegiatan Panen Raya ini juga dihadiri oleh Tim FPICK PLN UIP Nusa Tenggara dan beberapa tokoh masyarakat dari Desa Lungar. Acara ini merupakan bukti keberhasilan dan kerja sama warga yang turut berkontribusi pada pembangunan pengembangan PLTP ULUMBU. Hal ini juga merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial PT PLN terhadap masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan penting kepada masyarakat, yaitu:

  1. Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas memberikan himbauan mengenai pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang marak terjadi di wilayah NTT. Warga diminta untuk segera melaporkan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) yang menjanjikan pekerjaan ke luar negeri dan Tenaga Kerja Ilegal (TKI) ke luar negeri kepada pihak yang berwajib atau petugas Bhabinkamtibmas.
  2. Sosialisasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Petugas Bhabinkamtibmas mengingatkan warga yang memelihara Hewan Penyebar Rabies (HPR) seperti monyet, anjing, dan kucing untuk selalu mengikat atau mengkandangkan hewan tersebut. Selain itu, dianjurkan untuk memberikan vaksin (VAR) secara berkala kepada hewan-hewan tersebut, agar tidak menimbulkan masalah atau bahaya baik bagi pemiliknya maupun orang lain.
  3. Sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan: Petugas Bhabinkamtibmas menghimbau warga mengenai bahaya kebakaran hutan dan lahan. Terutama saat ini, ketika musim kemarau, dan beberapa bulan lagi akan memasuki musim tanam. Oleh karena itu, warga diminta untuk tidak menggunakan sistem bakar dalam pengolahan lahan pertanian, yang dapat memicu kebakaran hutan.

Semua himbauan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai potensi masalah dan ancaman, serta menjaga lingkungan dan keamanan bersama.(MBA)