Bhabinkamtibmas Rahong Utara, Aipda Kornelius Jemarus Sosialisasi Pencegahan Berbagai Ancaman di Kampung Nanu, Desa Buar

Bhabinkamtibmas Rahong Utara, Aipda Kornelius Jemarus Sosialisasi Pencegahan Berbagai Ancaman di Kampung Nanu, Desa Buar

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara, 09 Desember 2023 - Aipda Kornelius Jemarus, seorang Bhabinkamtibmas di Kecamatan Rahong Utara, giat melaksanakan kegiatan kunjungan dan dialog dengan warga masyarakat di Kampung Nanu, Desa Buar pada Sabtu, 09 Desember 2023, mulai pukul 10.00 hingga 12.30 WITA.

Dalam kegiatan Dialog dengan Masyarakat tersebut, Petugas Bhabin berinteraksi dengan Bapak Herman dan sejumlah warga masyarakat setempat. Bapak Herman menyampaikan informasi positif bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus menyampaikan edukasi, sosialisasi, dan himbauan terkait beberapa isu penting yang perlu menjadi perhatian bersama.

Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabin mengajak dan menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur dengan tawaran pekerjaan di luar negeri secara ilegal. Himbauan juga mencakup pentingnya mengikuti jalur resmi pemerintah melalui Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). Jika ada warga yang direkrut untuk bekerja di luar daerah atau negeri, diimbau untuk segera melaporkannya kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Petugas Bhabin mengingatkan pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, untuk menjaganya dengan baik. Warga diminta untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka guna mencegah terjadinya gigitan yang dapat menyebabkan penyakit rabies.

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Petugas Bhabin mengajak masyarakat untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar guna mencegah kebakaran hutan dan lahan. Warga juga dihimbau untuk segera melaporkan ke petugas Bhabin jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Sosialisasi Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Petugas Bhabin mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem, terutama saat hujan dan angin kencang. Himbauan juga mencakup larangan membangun rumah di daerah rawan longsor dan melaporkan ke petugas Bhabin jika terjadi potensi bencana alam.

Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai 2024: Aipda Kornelius Jemarus mengajak warga untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu dan tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu ketertiban. Himbauan juga mencakup edukasi bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar dalam demokrasi, dan agar tidak terjadi intimidasi serta paksaan dalam proses pemilihan. Warga juga dihimbau untuk melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabin atau kantor polisi terdekat.

Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat Kampung Nanu dapat lebih aware terhadap berbagai ancaman dan bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.(MBA)