Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng, AIPDA ARKADIUS M. ARNO, Giat Patroli dan Sambang Warga Binaan

Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng, AIPDA ARKADIUS M. ARNO, Giat Patroli dan Sambang Warga Binaan

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 15 Januari 2024 – AIPDA ARKADIUS M. ARNO, Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, melaksanakan patroli dialogis dan sambang warga binaan pada hari Senin, 15 Januari 2024.

Dalam kegiatan patroli tersebut, Bhabinkamtibmas menyambangi beberapa warga di Kelurahan Waebelang Kecamatan Ruteng. Tujuan dari patroli ini adalah untuk membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat serta memberikan himbauan-himbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Bhabinkamtibmas memberikan himbauan Kamtibmas kepada warga sekaligus menggali informasi mengenai potensi kerawanan Kamtibmas di lingkungan mereka. Hal ini bertujuan untuk melakukan upaya pencegahan secara dini guna menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga meminta bantuan kepada warga sebagai objek sambang untuk bersama-sama menjaga keamanan lingkungan. Masyarakat diminta untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan informasi terkait situasi Kamtibmas di tempat tinggal mereka masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas mengajak warga binaan untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan nasional, yaitu Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Beberapa himbauan yang disampaikan antara lain:

  1. Menggunakan hak pilih dengan benar.
  2. Tidak mudah percaya pada berita hoaks yang dapat menyebabkan perpecahan antar kelompok masyarakat.
  3. Menghindari praktik politik uang dan politik identitas.

Bhabinkamtibmas juga menghimbau agar warga segera melaporkan masalah-masalah terkait tahapan Pemilu, sehingga dapat ditindaklanjuti sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Pada kesempatan yang sama, Bhabinkamtibmas menyampaikan himbauan dari Bapak Kapolres Manggarai terkait dengan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kenakalan Remaja, Hewan Peliharaan, Bencana Alam, dan SitKamtibmas menjelang Pemilu.

Beberapa himbauan tersebut mencakup:

A. Masyarakat diminta untuk membantu pemerintah dalam menangani Tindak Pidana Perdagangan Orang agar keluarga dan kerabat tidak menjadi korban TPPO.

B. Pemilik hewan peliharaan, khususnya anjing, dihimbau untuk mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka guna menghindari penularan Rabies.

C. Warga di daerah rawan longsor dan banjir diminta untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat intensitas hujan yang cukup tinggi saat ini.

D. Orang tua diminta untuk selalu mengawasi anak-anak mereka agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, sementara remaja diingatkan untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

E. Menjelang Pemilu 2024, masyarakat dihimbau agar bijak dalam berpolitik, menjaga hubungan keluarga dan kekerabatan, serta menolak keras politik uang.

Dengan dilaksanakannya patroli dan sambang warga ini, diharapkan dapat tercipta situasi yang aman, kondusif, dan mendukung suksesnya Pemilu 2024 di wilayah Kecamatan Ruteng.(MBA)