Bhabinkamtibmas Desa Nao Gencar Sosialisasikan Pencegahan TPPO dan Berbagai Ancaman

Bhabinkamtibmas Desa Nao Gencar Sosialisasikan Pencegahan TPPO dan Berbagai Ancaman

Tribratanewsmanggarai.com-

Desa Nao, Kecamatan Satar Mese Utara - Pada hari Rabu, 4 Oktober 2023, Aipda Emilius Johan, seorang Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang bertugas di Desa Nao, Kecamatan Satar Mese Utara, gencar melaksanakan kegiatan pencegahan berbagai ancaman di wilayah binaannya. Giat ini melibatkan berbagai upaya pencegahan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan), dan ancaman gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), serta pencegahan curanmor (pencurian kendaraan bermotor).

Pertama-tama, Aipda Emilius Johan memberikan sosialisasi kepada warga Rt.010, Rw.005, kampung Nggepis, Dusun Tengger, Desa Nao, tentang pencegahan TPPO. Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada laporan tentang warga dari kampung Nggepis yang bekerja di luar negeri atau menjadi korban TPPO. Namun, Bhabinkamtibmas menghimbau agar warga yang ingin bekerja di luar daerah atau negeri untuk segera menginformasikannya kepadanya atau ke kantor polisi terdekat.

Selanjutnya, Aipda Emilius Johan memberikan sosialisasi tentang bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) kepada warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di kampung Nggepis. Ia menyarankan agar hewan peliharaan tersebut wajib dikandangkan atau diikat untuk mencegah penularan rabies.

Aipda Emilius Johan juga mengajak warga untuk lebih waspada terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan. Ia menegaskan pentingnya untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar, karena hal ini dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan yang merugikan lingkungan. Petugas Bhabin juga menghimbau warga untuk segera melaporkan kejadian kebakaran hutan dan lahan kepada mereka.

Terakhir, dalam upaya pencegahan pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Aipda Emilius Johan mengingatkan warga agar memarkirkan kendaraan bermotor mereka di garasi atau teras rumah dengan posisi aman dan selalu mengunci kendaraan bermotor tersebut. Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya pencurian kendaraan bermotor di wilayah kampung Nggepis.

Dengan kegiatan pencegahan ini, Bhabinkamtibmas Desa Nao berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terhindar dari berbagai ancaman yang mungkin timbul. Warga pun diingatkan untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka demi kesejahteraan bersama.(MBA)