Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas di Desa Tengkulese, Kec. Rahong Utara

Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas di Desa Tengkulese, Kec. Rahong Utara

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara – Pada hari Jumat, 09 Agustus 2024, pukul 09.30 WITA, Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan patroli dan sambang di Kantor Desa Tengkulese, Munggis. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan himbauan Kamtibmas dan pencegahan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Hewan Penular Rabies (HPR), serta kenakalan remaja.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus bertemu dengan Kepala Desa Tengkulese, Bapak Adrianus Sadu, SH, serta staf desa lainnya. Kepala Desa Adrianus Sadu melaporkan bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO. Hal ini memberikan gambaran positif mengenai situasi keamanan di desa tersebut.

Selama pertemuan, Aipda Kornelius Jemarus menyampaikan beberapa edukasi dan sosialisasi terkait keamanan, sebagai berikut:

Pencegahan TPPO

Aipda Kornelius mengingatkan agar masyarakat tidak tergiur dengan tawaran bekerja ke luar negeri secara ilegal yang menawarkan gaji besar. Ia mendorong agar semua calon pekerja mengikuti jalur resmi melalui PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) dan segera melapor ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi jika ada rekrutmen yang mencurigakan.

Bahaya Hewan Penular Rabies (HPR)

Petugas Bhabinkamtibmas mengajak Kepala Desa dan staf untuk mengingatkan warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, agar memastikan hewan tersebut dikandangkan atau diikat untuk mencegah gigitan yang dapat menularkan rabies.

Pencegahan Kenakalan Remaja

Aipda Kornelius juga menyarankan Kepala Desa dan staf untuk segera melapor jika ada gangguan kamtibmas di desa. Ia mengingatkan untuk menghindari tindakan main hakim sendiri dan memastikan setiap acara atau pesta selalu mengutamakan keamanan.

Koordinasi dan Kesiapsiagaan Pilkada

Ia mengimbau untuk tetap saling berkoordinasi dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahapan Pilkada 2024.

Aipda Kornelius Jemarus berharap dengan adanya kegiatan sambang ini, seluruh lapisan masyarakat bisa lebih waspada dan berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.(MBA)