Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bersinergi jaga Situasi Kamtibmas di Desa Paralando, Reok Barat

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Bersinergi jaga Situasi Kamtibmas di Desa Paralando, Reok Barat

Tribratanewsmanggarai.com-

Kamis, 23 Januari 2024

Reok Barat - Bripka Semris Bell, Bhabinkamtibmas Kecamatan Reok Barat, bersama Babinsa Desa Paralando, melakukan sinergi dalam kegiatan patroli dialogis sebagai upaya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bencana alam, gigitan hewan penular rabies (HPR), kenakalan remaja, serta himbauan menjelang Pemilu Damai 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Januari 2024, di kampung Parek, Dusun Langkas, Desa Paralando, Kecamatan Reok Barat.

Dalam patroli dialogisnya, Bripka Semris Bell bersama Babinsa Desa Paralando menjalankan upaya koordinasi kamtibmas dan menyambangi beberapa warga masyarakat guna memberikan himbauan kamtibmas serta pencegahan TPPO, bencana alam, kenakalan remaja, dan himbauan menjelang Pemilu Damai 2024.

Dalam interaksi dengan warga, tidak ditemukan adanya korban TPPO hingga saat ini. Namun, Bripka Semris Bell tidak hanya berfokus pada pencegahan TPPO. Ia juga menyampaikan edukasi dan sosialisasi terkait berbagai aspek penting, seperti:

A. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau agar warga tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Petugas juga menyarankan agar jika ada keinginan untuk bekerja di luar negeri, mengikuti jalur resmi yang telah ditetapkan pemerintah melalui PJTKI.

B. Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Bripka Semris Bell memberikan himbauan kepada pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, untuk mengandangkan atau mengikat hewan mereka guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penyakit rabies.

C. Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam

Petugas Bhabin mengajak warga untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem seperti hujan dan angin kencang. Selain itu, masyarakat diingatkan untuk tidak membangun rumah di daerah rawan longsor, menjaga kelestarian alam, dan tidak melakukan penggalian pasir dan batu di area yang berdekatan dengan rumah atau jalan raya.

D. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai 2024

Bripka Semris Bell mengajak warga untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama tahapan pemilu, tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu, serta menjunjung tinggi asas kebebasan memilih calon. Himbauan diberikan agar perbedaan pilihan politik tidak menjadi dasar untuk saling memusuhi, dan masyarakat dihimbau untuk melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabin atau kantor polisi terdekat.

Dengan sinergi antara Bhabinkamtibmas dan Babinsa, diharapkan masyarakat Desa Paralando dapat lebih meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap berbagai potensi risiko yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban.(MBA)