Bhabinkamtibmas Langke Rembong Ajak Warga Antisipasi Karhutla, TPPO, dan HPR

Bhabinkamtibmas Langke Rembong Ajak Warga Antisipasi Karhutla, TPPO, dan HPR

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 9 November 2023 - Bripka Matheus Maju, Bhabinkamtibmas di Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong, pada hari ini, Kamis (9/11/2023), melaksanakan patroli dan sambang di Kampung La'o, tepatnya di rumah Ketua RT001/RW001, Bapak Mikael Maga.

Dalam kegiatan tersebut, Bripka Matheus Maju menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat sekitar, terkait dengan pencegahan Karhutla, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), dan penularan Rabies pada hewan peliharaan.

A. Himbauan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan): Bhabinkamtibmas mengajak para tokoh masyarakat dan seluruh warga untuk bersama-sama mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Terutama di musim kemarau seperti sekarang, masyarakat diminta untuk tidak mengerjakan kebun atau lahan baru dengan cara dibakar. Langkah preventif ini diharapkan dapat mengurangi risiko kebakaran yang dapat merugikan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

B. Himbauan TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang): Bripka Matheus Maju juga menghimbau agar warga yang mendapatkan tawaran pekerjaan di luar negeri dengan janji gaji besar segera menginformasikannya kepada Bhabinkamtibmas atau pihak Kepolisian setempat. Hal ini sebagai langkah antisipasi terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Bhabinkamtibmas menjelaskan bahwa hingga saat ini, belum ada warga sekitar yang menjadi korban TPPO.

C. Himbauan HPR (Hewan Penular Rabies): Dalam upaya mencegah penularan Rabies melalui hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, Bhabinkamtibmas menghimbau agar hewan-hewan tersebut diikat atau dikandangkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko berkeliaran dan membahayakan warga sekitar. Masyarakat diharapkan lebih aware terhadap potensi bahaya penularan penyakit ini.

Dengan adanya kegiatan patroli dialogis dan himbauan ini, diharapkan masyarakat Kelurahan Wali semakin sadar akan pentingnya peran aktif dalam menjaga lingkungan dan keselamatan bersama. Kolaborasi antara aparat keamanan dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.(MBA)