Bhabinkamtibmas ARKADIUS MODESTUS ARNO Gencar Lakukan Sosialisasi dan Pencegahan TPPO di Desa Belang Turi

Bhabinkamtibmas ARKADIUS MODESTUS ARNO Gencar Lakukan Sosialisasi dan Pencegahan TPPO  di Desa Belang Turi

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 09 Desember 2023 - Bhabinkamtibmas (Bhabinsa, Bintara Pembina Desa dan Kamtibmas) Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, AIPDA ARKADIUS MODESTUS ARNO, melakukan kegiatan sosialisasi dan pencegahan di Desa Belang Turi, Kecamatan Ruteng, pada Sabtu (09/12/2023).

Dalam kunjungannya, Bhabinkamtibmas menyambangi warga setempat untuk memberikan himbauan terkait berbagai aspek penting, seperti pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Karhutla/Bencana Alam, Kesehatan Hewan Peliharaan (HPR), Kenakalan Remaja, dan memberikan himbauan terkait Pemilu 2024.

Bhabinkamtibmas mengajak warga Desa Belang Turi untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan mereka. Dalam konteks Pemilu 2024, AIPDA ARKADIUS MODESTUS ARNO menekankan pentingnya menyukseskan setiap tahapan pemilu dengan cara menjauhi money politik, tidak mendukung politik identitas guna mencegah perpecahan antar kelompok, dan tetap menaati setiap regulasi yang berkaitan dengan pemilu.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga menyampaikan sosialisasi dan edukasi mengenai pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Warga diminta untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Jika ingin bekerja di luar negeri, diharapkan mengikuti jalur resmi melalui PJTKI dan segera melaporkan rekrutmen pekerjaan di luar daerah kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

Selanjutnya, Bhabinkamtibmas mengingatkan akan bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR). Pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing diminta untuk mengandangkan atau mengikat hewan tersebut guna mencegah terjadinya gigitan yang berpotensi menyebabkan rabies pada manusia.

Bhabinkamtibmas juga memberikan sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan, mengajak warga untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Selain itu, Bhabinkamtibmas menghimbau agar melaporkan ke petugas Bhabin apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Dalam upayanya menjaga keamanan lingkungan, Bhabinkamtibmas turut memberikan sosialisasi mengenai pencegahan dan antisipasi terjadinya bencana alam. Warga diingatkan untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem, seperti hujan dan angin kencang. Selain itu, Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat untuk tidak membangun rumah di dekat daerah rawan longsor, serta menjaga kelestarian alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor dan tidak melakukan penggalian pasir dan batu di area yang berdekatan dengan rumah atau jalan raya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan berbagai potensi masalah dapat meningkat, sehingga Desa Belang Turi tetap aman, nyaman, dan damai.(MBA)