Anggota Samapta Polres Manggarai Melakukan Patroli Dialogis untuk Menjaga Kamtibmas dan Kelancaran Lalulintas

Anggota Samapta Polres Manggarai Melakukan Patroli Dialogis untuk Menjaga Kamtibmas dan Kelancaran Lalulintas

Tribratanewsmanggarai.com-

Sabtu, 20 April 2024, Pukul 09.00 WITA - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta kelancaran arus lalu lintas, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan sambang dalam Kota Ruteng.

Giat ini dilakukan untuk menyampaikan himbauan serta menertibkan dan mengatur lalu lintas di sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng. Sasaran patroli meliputi masyarakat yang berkumpul di depan toko/kios, di jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perampatan, serta para penumpang di beberapa tempat serta arus lalu lintas.

Anggota patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, tukang ojek, sopir angkot, pedagang, untuk meminta agar pindah ke tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah atau pengelola pasar. Selama interaksi, mereka memberikan himbauan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat serta keselamatan berlalu lintas.

Tujuan utama dari patroli ini adalah meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah terjadinya kriminalitas dengan mencegah pertemuan faktor niat dan kesempatan yang dapat memicu tindak kejahatan, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan rasa aman kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat dalam mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan. Selain itu, patroli ini juga berfungsi sebagai langkah untuk membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilakukan oleh tim yang terdiri dari 6 orang anggota Polres Manggarai yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta Aipda M. Zainudin, menggunakan kendaraan R4 Dimax Samapta Kuat.

Selama kegiatan berlangsung, situasi di Kota Ruteng dan sekitarnya terpantau aman terkendali, dengan arus lalu lintas yang tertib dan lancar. Hal ini menunjukkan efektivitas dari kegiatan patroli dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.(MBA)