Babinkamtibmas Laksanakan Pengamanan Perayaan Misa di Gereja St. Mikhael Kumba

Babinkamtibmas Laksanakan Pengamanan Perayaan Misa di Gereja St. Mikhael Kumba
Babinkamtibmas Laksanakan Pengamanan Perayaan Misa di Gereja St. Mikhael Kumba

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng - Pada hari Minggu, tanggal 21 April 2024, pukul 06.00-11.00 WITA, Aipda Flavianus Jedaut, seorang Babinkamtibmas dari Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, bersama dengan Anggota Satuan Lalu Lintas Bripda Joseph A.P Rago, melaksanakan tugas pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di sekitar Gereja St. Mikhael Kumba, Kelurahan Poco Mall, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung perayaan Misa Panggilan dan Perutasan Sedunia dengan tema yang diangkat adalah "Perayaan Misa Panggilan dan Perutasan Sedunia". Misa tersebut dipimpin secara bertahap oleh beberapa rohaniwan, antara lain:

  1. Misa Pertama dipimpin oleh RD Yopie Latu Mantara.
  2. Misa Kedua dipimpin oleh RD Charly.
  3. Misa Ketiga dipimpin oleh RD Andy.

Selama pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas, Aipda Flavianus Jedaut dan Bripda Joseph A.P Rago juga memanfaatkan kesempatan untuk menyambangi petugas gereja yang bertanggung jawab dalam menjaga keamanan lingkungan gereja. Mereka berdiskusi terkait situasi keamanan belakangan ini dan menegaskan pentingnya kolaborasi antara kepolisian dan pihak gereja dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

Aipda Flavianus Jedaut juga menekankan agar pihak gereja tidak ragu untuk segera menghubungi kepolisian setempat, baik Polisi Rukun Warga (RW) maupun Bhabinkamtibmas, apabila terjadi situasi yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan, serta tidak boleh mengambil tindakan sendiri yang dapat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, terutama dalam acara keagamaan yang melibatkan banyak orang. Kolaborasi antara kepolisian dan pihak gereja diharapkan dapat memperkuat kerjasama dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, serta memberikan rasa aman bagi masyarakat yang sedang merayakan ibadah.(MBA)