Sosialisasi Pencegahan TPPO, HPR, dan Pilkada Damai oleh Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara

Sosialisasi Pencegahan TPPO, HPR, dan Pilkada Damai oleh Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara, 5 Agustus 2024 – Pada hari ini, Senin, 5 Agustus 2024, mulai pukul 09.30 WITA, Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan sambang sekaligus sosialisasi di Kantor Desa Wae Mantang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan himbauan mengenai pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya Hewan Penular Rabies (HPR), serta kenakalan remaja.

Dalam kegiatan ini, Aipda Kornelius Jemarus bertemu dengan Penjabat (Pj) Kepala Desa Wae Mantang, Bapak Kornelis Jon, dan staf desa. Pj Kades Wae Mantang menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada laporan mengenai warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO.

Aipda Kornelius Jemarus mengingatkan kepada Pj Kades dan staf desa agar mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya TPPO. Ia menekankan pentingnya tidak tergiur oleh tawaran bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji tinggi. Untuk bekerja ke luar negeri, masyarakat diimbau agar melalui jalur resmi yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). Selain itu, masyarakat juga diminta segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika ada warga yang ingin direkrut untuk bekerja di luar daerah atau negeri.


Selanjutnya, Aipda Kornelius Jemarus memberikan sosialisasi mengenai bahaya gigitan hewan penular rabies. Ia meminta kepada Pj Kades dan staf untuk menghimbau warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar selalu dikandangkan atau diikat. Hal ini penting untuk mencegah gigitan hewan rabies yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Aipda Kornelius Jemarus juga mengingatkan untuk menghindari tindakan main hakim sendiri dan melaporkan gangguan keamanan kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

Selain itu, diharapkan semua pihak terus berkoordinasi untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama dalam tahapan Pilkada Serentak tahun 2024, demi terciptanya suasana pilkada yang aman, sejuk, dan damai di Kabupaten Manggarai.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu-isu keamanan dan pencegahan kejahatan, serta mendukung terciptanya situasi yang kondusif selama masa Pilkada.(MBA)