Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Aktif dalam Giat Rutin Menjaga Keselamatan Berlalu Lintas

Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai Aktif dalam Giat Rutin Menjaga Keselamatan Berlalu Lintas

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 8 Agustus 2023 – Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap keselamatan berlalu lintas dengan menggelar giat rutin pada hari Selasa, 8 Agustus 2023, pukul 06.30 WITA. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Pamturlalin (Pengamanan dan  Pengaturan Lalu Lintas) dengan fokus membantu menyebrangkan pejalan kaki di berbagai titik rawan di seputaran kota Ruteng.

Kasat Lantas Manggarai, AKP Made Hendra Kusumanata, S.I.K., memimpin langsung kegiatan dan melibatkan petugas lalu lintas yang terlatih untuk menjaga kelancaran lalu lintas serta memberikan rasa aman kepada para pengguna jalan. Tujuan utama dari giat ini adalah untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas dan potensi kecelakaan di jalan raya.

Dalam kegiatan tersebut, petugas Pamturlalin turut membantu menyeberangkan pejalan kaki di depan sekolah-sekolah serta di pertigaan dan perempatan rawan. Dengan penuh kesabaran, petugas memberikan prioritas kepada para pejalan kaki untuk melintas dengan aman dan nyaman. Hal ini merupakan bagian dari upaya keselamatan berlalu lintas yang tak hanya melibatkan pengendara kendaraan, tetapi juga pejalan kaki.

Kasat Lantas Manggarai, AKP Made Hendra Kusumanata, S.I.K., mengatakan, "Kami terus berupaya menjaga keselamatan dan kedisiplinan berlalu lintas di wilayah ini. Melalui kegiatan rutin seperti ini, kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya mengikuti aturan lalu lintas demi keselamatan bersama."

Selain membantu pejalan kaki, petugas juga secara aktif mengawasi potensi pelanggaran lalu lintas seperti penggunaan helm yang kurang sesuai, melanggar rambu-rambu lalu lintas, dan penggunaan telepon seluler saat berkendara. Langkah ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk mengurangi angka pelanggaran dan potensi kecelakaan lalu lintas di wilayah Kota Ruteng.

Dengan giat rutin ini, Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai berharap dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib di sekitar kota. Keselamatan berlalu lintas bukan hanya tanggung jawab petugas, tetapi juga tanggung jawab bersama seluruh masyarakat.(MBA)