Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Perintis Presisi dan Himbauan Kamtibmas Malam di Ruteng

Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Perintis Presisi dan Himbauan Kamtibmas Malam di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai - Dalam upaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif, pada hari ini, Selasa, 25 Juni 2024 pukul 20.05 WITA, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat Patroli Perintis Presisi, Patroli Dialogis, dan himbauan kamtibmas malam di dalam kota Ruteng.

Sasaran patroli kali ini adalah masyarakat yang masih beraktivitas malam dan pemukiman warga. Rute patroli meliputi Kelurahan Lawir, Kelurahan Bangka Leda, Kelurahan Pau, Satar Tacik Bandara, Kelurahan Karot, Mbaumuku, dan Lapangan Motang Rua, sebelum kembali ke Mako.

Selama patroli, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas malam guna mencari informasi terkait gangguan keamanan. Mereka juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas pada malam hari dan memberikan himbauan kepada pemuda/i yang sedang nongkrong di Lapangan Motang Rua agar tidak berkeliaran hingga larut malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Patroli ini diharapkan dapat mencapai kamtibmas yang kondusif di kota Ruteng, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat pada malam hari, serta meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, patroli ini bertujuan untuk mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, serta rasa aman dan tentram pada masyarakat. Patroli juga menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dilaksanakan dengan menggunakan satu unit roda empat D-max Sat Samapta, dengan kekuatan personel Sat Samapta sebanyak tujuh orang yang dipimpin oleh Kanit 2 Dalmas, Aipda Yoost O.R. Muda. Giat berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 21.10 WITA, dengan situasi terpantau aman dan terkendali.(MBA)