Sat. Samapta Polres Manggarai gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalu Lintas di Kota Ruteng

Sat.  Samapta Polres Manggarai gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalu Lintas di Kota Ruteng
Sat.  Samapta Polres Manggarai gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalu Lintas di Kota Ruteng
Sat.  Samapta Polres Manggarai gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalu Lintas di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Sabtu, 14 September 2024 — Personil Sat. Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis serta pengaturan arus lalu lintas di beberapa titik dalam kota. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, serta memberikan rasa aman kepada masyarakat yang beraktivitas.

Patroli tersebut difokuskan pada beberapa lokasi strategis, termasuk terminal, pengemudi angkutan kota, tukang ojek, serta arus lalu lintas di kawasan dalam kota. Dalam patroli dialogis ini, petugas berdialog dengan masyarakat yang berkumpul, baik di terminal maupun di tempat umum lainnya. Mereka menyampaikan pesan-pesan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), serta imbauan untuk mencegah tindakan kriminal seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Petugas juga memberikan arahan kepada pengemudi angkot dan tukang ojek untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan penumpang. Selain itu, masyarakat yang berasal dari luar kota diajak berdialog untuk mencari informasi terkait gangguan kamtibmas di daerah asal mereka, sehingga dapat diantisipasi sejak dini.

Tidak hanya fokus pada keamanan fisik, petugas juga mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, menghindari provokasi dari informasi yang tidak benar atau hoaks, demi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.

Kehadiran polisi berseragam dalam kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa aman di kalangan masyarakat, serta mencegah bertemunya niat dan kesempatan yang dapat memicu tindak kriminalitas. Dengan meningkatkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat, patroli ini bertujuan untuk memperkuat perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada warga kota Ruteng.

Kegiatan patroli ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat yang merasa lebih aman dan terlindungi dengan kehadiran petugas kepolisian di tempat-tempat umum.(MBA)