Sambang dan Himbauan Kamtibmas di Desa Dimpong oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa

Sambang dan Himbauan Kamtibmas di Desa Dimpong oleh Bhabinkamtibmas  dan Babinsa

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara – Pada hari Senin, 22 Juli 2024, pukul 09.30 WITA, di Kantor Desa Dimpong, Aipda Kornelius Jemarus, selaku Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, bersama dengan Danpos Ramil 1612/01 Rahong Utara, Serka Yunus, melaksanakan kegiatan sambang sekaligus memberikan himbauan Kamtibmas terkait pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Hewan Penular Rabies (HPR), dan kenakalan remaja.
Dalam kesempatan tersebut, petugas bertemu dengan Kepala Desa Dimpong, Bapak Yohanes Nggaul, S.Pd., Sekretaris Desa, Bapak Fasten, serta staf desa lainnya. Mereka menginformasikan bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO di Desa Dimpong.
Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan TPPO
Aipda Kornelius mengajak jajaran pemerintah desa Dimpong agar masyarakat tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Ia mengimbau agar masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri mengikuti jalur resmi dari pemerintah melalui PJTKI. Selain itu, Aipda Kornelius juga meminta agar masyarakat segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika ada yang ingin direkrut untuk bekerja di luar daerah/negeri guna mencegah terjadinya TPPO.
Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)
Petugas Bhabinkamtibmas juga mengajak Kepala Desa Dimpong, Sekdes, dan staf desa untuk menghimbau warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar dikandangkan atau diikat supaya tidak menggigit manusia. Langkah ini dilakukan untuk mencegah korban gigitan anjing rabies (penyakit anjing gila).
Pencegahan Kenakalan Remaja dan Gangguan Kamtibmas
Petugas Bhabinkamtibmas mengajak Kepala Desa, Sekdes, dan staf Desa Dimpong agar melaporkan kepada petugas Bhabin atau kantor polisi terdekat apabila terjadi gangguan kamtibmas. Mereka juga diminta untuk menghindari perbuatan main hakim sendiri. Selain itu, apabila hadir di acara pesta, masyarakat diminta untuk memberikan himbauan tentang keamanan jika petugas Bhabin tidak hadir dalam acara tersebut.
Koordinasi Menjelang Pilkada 2024
Petugas Bhabinkamtibmas mengingatkan pentingnya koordinasi antar pihak untuk menjaga situasi kamtibmas selama memasuki tahapan Pilkada 2024.
Kegiatan sambang dan himbauan Kamtibmas ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka, serta mencegah terjadinya TPPO, HPR, dan kenakalan remaja di Desa Dimpong.(MBA)